Friday , September 20 2024

Kilang Balikpapan Berhasil Bangkitkan EDG Energization

Jakarta,FokusEnergi.com- Pertamina melalui salah satu anak usaha PT. Kilang Pertamina Internasional yakni PT. Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) kembali melaksanakan milestone penting dalam proyek RDMP Balikpapan dengan berhasil membangkitkan Emergency Diesel Generator (EDG) atau EDG Energization.

Pembangkitan EDG menjadi langkah awal dalam aktivitas Black Start Up RDMP Balikpapan dengan improvement schedule yang lebih cepat dari rencana.

Emergency Diesel Generator (EDG) dengan tag number A-331-05A/B resmi dibangkitkan pada 27 November 2022 lalu. Pembangkitan Emergency Diesel Generator merupakan momentum penting karena alat ini berfungsi sebagai sistem Power Back Up utama ketika terjadi Total Blackout (TBO) untuk menjaga peralatan-peralatan kritikal agar tetap mendapat suplai tegangan listrik sehingga kilang dapat melakukan shutdown secara aman dan terhindar dari kerusakan yang fatal (safety shutdown case).

“Upaya PT KPB tak terlepas dari misinya merampungkan Proyek RDMP Balikpapan. Adapun RDMP Balikpapan memiliki tiga tujuan yaitu meningkatkan kapasitas produksi kilang dari 260 ribu barrel/hari menjadi 360 ribu barrel/hari, meningkatkan kompleksitas kilang dan meningkatkan kualitas produk BBM menjadi setara dengan EURO V,” dikutip dari instagram@kilangpertamina.balikpapan

Kunjungan Dirut
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memberikan apresiasi yang mendalam terhadap progres proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, dalam sambutannya saat melakukan kunjungan kerja ke PT Kilang Pertamina Balikpapan (06/12/2022).

Nicke yang didampingi Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono menyampaikan:

“Saya sangat terharu dengan dengan progress RDMP Balikpapan. Saya berharap seluruh Perwira bekerja keras untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu”, ujarnya.

Nicke juga menyampaikan bahwa 65 tahun Pertamina melayani negeri, menyalurkan energi dari hulu hingga ke hilir, dan terus berkomitmen untuk menjaga ketahanan energi nasional. Upaya ini selalu menjadi sebuah pembuktian bahwa energi tak lekang oleh waktu,baik masa lalu, masa ini, bahkan di masa yang akan datang.

“Untuk itu, saya mengajak semua Perwira Pertamina group di Kalimantan terus bahu membahu menjadi energi yang tak pernah padam dalam membangun Indonesia, melayani negeri”, tutup Nicke

Cek juga

PGN Kembangkan Jargas di Industri Pariwisata Bersama ITDC

Jakarta – Melanjutkan komitmen pembangunan infrastruktur Jaringan Gas Bumi (Jargas) ke berbagai wilayah di Indonesia, …