Saturday , July 20 2024

Nusantara Regas Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best Companiesin HSE Implementation 2024

JAKARTA – Konsistensi dan peningkatan pelaksanaan HSSE yang dilakukan Nusantara Regas dari waktu ke waktu, meraih penghargaan Best Companies in HSE Implementation yang diselenggarakan oleh majalah SWANETWORK di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (04/03). Berdasarkan penilaian juri, Nusantara Regas berhasil mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada perusahaan dengan baik, dan meraih nilai Very Good.

Hingga tahun 2023, PT Nusantara Regas berhasil mempertahankan 12.564.153 jam Kerja Selamat sejak tahun 2011. Kegiatan HSSE Nusantara Regas juga merupakan prioritas dan rutin melakukan program SMK3 melalui Management Walk Through (MWT), Major Emergency Response Exercise (MERE), forum HSSE kontraktor, pelatihan & sertifikasi HSSE untuk kontraktor dan mahasiswa K3, Patroli Laut, dan pelatihan demo room untuk seluruh pekerja.

Salah satu program unggulan HSSE Nusantara Regas adalah penanganan Covid-19 melalui Pembentukan Gugus Pencegahan dan Penanggulangan Covid yang kemudian mendapatkan penghargaan 19 Kemenaker RI. Selain itu, dalam rangka menekan target pengurangan emisi karbon dan berkontribusi dalam mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, PT Nusantara Regas memiliki target untuk mengurangi emisi karbon dengan angka 7,62 Ton CO2/tahun.

“Dengan menerapkan SMK3, dan implementasi budaya HSSE pada perusahaan kami melakukan upaya terbaik meningkatkan keselamatan, optimasi biaya, dan meningkatkan produktivitas kerja. HSSE berkaitan erat dengan kelancaran operasional perusahaan dan itu sangat kritikal karena Nusantara Regas mengoperasikan fasilitas Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat yang berperan menjaga suplai pembangkit listrik Ibukota Negara,” kata Iskandar Mirza, Direktur Utama Nusantara Regas.

Mirza juga menambahkan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan aspek HSSE adalah teladan dan komitmen pemimpin yang kuat sehingga diikuti oleh seluruh lapisan pekerja. Pencapaian prestasi HSSE ini juga menjadi modal Perusahaan melakukan pengembangan bisnis ke depan yang menantang.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini, hal ini mencerminkan upaya keras kami dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Keselamatan dan kesehatan kerja bukan hanya tanggung jawab perusahaan, tetapi juga menjadi hak setiap individu yang terlibat dengan aktivitas operasional,” kata Kepala Departemen HSSE Nusantara Regas, Erwin Jonathan.

Dalam pelaksanaan aspek HSSE, Nusantara Regas secara proaktif juga berkoordinasi dengan Pertamina (Persero) dan Subholding Gas, PT Perusahaan Gas Negara. Ini merupakan salah satu upaya mendukung Pertamina menjadi Perusahaan energi kelas dunia.

Nusantara Regas adalah bagian afiliasi PT Pertamina (Persero) yang didirikan bersama PT Perusahaan Gas Negara bertugas mengoperasikan Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat di Perairan Teluk Jakarta dan Onshore Receiving Facility Muara Karang. Fasilitas ini menerima dan memproses LNG menjadi pasokan energi pembangkit listrik yang punya peran vital di Jakarta dan Jawa Barat.

Cek juga

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Siap Gelar Electricity CONNECT 2024

Ketua Panitia Pelaksana Electricity CONNECT 2024 sekaligus Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Arsyadany G. …