Saturday , July 20 2024

Pertagas Raih 2 Penghargaan Indonesia GPR Awards 2023

Makassar – Kehumasan saat ini memiliki peranan penting dalam mendukung kelangsungan bisnis perusahaan. Peranan penting ini disadari betul oleh Afiliasi Sub Holding Gas Pertamina yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas).

Melalui implementasi program kehumasan yaitu Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan, Pertagas berhasil meraih dua penghargaan di ajang Indonesia Government Public Relations Awards (IGA) 2023 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia.

Bersaing di kategori Program Kehumasan Pemerintah Terbaik, area operasi Pertagas yakni Operation East Java Area (OEJA) berhasil meraih penghargaan Gold pada sub kategori Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Selain itu Operation West Java Area (OWJA) juga berhasil meraih penghargaan Silver pada sub kategori Program Pariwisata dan Pengembangan Desa Wisata.

Dengan mengangkat tema “Komunikasi Publik Untuk Membangun Peradaban Bangsa”, pemberian penghargaan dilaksanakan di Claro Hotel Makassar pada Jum’at (16/02) dan dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintah Kota Makassar, Andi Muh. Yasir dan Founder & CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan.

Diwawancarai ditempat terpisah, Corporate Secretary Pertagas, Muhammad Baron mengatakan bahwa Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada masyarakat melalui program tanggung jawab sosial yang mengedepankan aspek sosial, lingkungan serta tata kelola yang baik.

“Kami bersyukur atas apresiasi yang diberikan kepada Pertagas, penghargaan IGA 2023 merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR yang mendorong kemandirian masyarakat mengedepankan Environmental, Social, Governance (ESG),” ungkap Baron.

Pada sesi penjurian yang dilaksanakan sejak 4 Mei 2023, masing-masing Area Operasi Pertagas menampilkan Program CSR unggulannya. Pertagas OEJA memaparkan program Taman Olah Jelantah di Desa Kalitengah Sidoarjo yang menjawab persoalan limbah jelantah dengan membangun rumah tampung jelantah dan lahirnya sistem jaring pengaman sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Pertagas OWJA memaparkan program Perisai Bumi yang diimplementasikan untuk menjawab persoalan abrasi di pantai Rembat Desa Juntinyuat Indramayu. Dalam program ini, Pertagas mengajak kelompok Karang Taruna membangun managemen risiko kebencanaan berbasis pemberdayaan masyarakat serta pelestarian area pesisir sehingga hadir wisata pantai berbasis tanggap kebencanaan.

Pada rangkaian kegiatan IGA 2023, Pertagas juga berkesempatan menjadi pembicara dalam kegiatan workshop dengan tema Mengelola Persepsi Publik. Dalam workshop ini, Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Imam Rismanto bercerita berbagai program komunikasi, manajemen krisis serta pengelolaan CSR yang diimplementasikan oleh Pertagas.

Penghargaan yang diraih Pertagas ini tidak terlepas dari pengelolaan CSR yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan tujuan menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Cek juga

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Siap Gelar Electricity CONNECT 2024

Ketua Panitia Pelaksana Electricity CONNECT 2024 sekaligus Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Arsyadany G. …