Wednesday , April 17 2024

PT Pelayaran Bahtera Adhiguna Siap Menghadapi Tantangan Tahun 2024

JAKARTA – PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) sebagai anak perusahaan dari Sub-Holding PT PLN Energi Primer Indonesia berkesempatan mengikuti acara Press Briefing Corporate Exposure PT PLN EPI yang diselenggarakan di Jakarta, 20 Februari 2024.

Hadir dalam acara tersebut, Mamit Setiawan selaku Sekretaris Perusahaan PT PLN EPI dan BAg diwakili oleh Sekretaris Perusahaan, Aditya Yudanto. Pada kesempatan tersebut Sekretaris Perusahaan BAg menyampaikan exposure terkait pencapaian tahun 2023 dan rencana untuk tahun 2024.

Dalam paparan tersebut Aditya menyampaikan bahwa BAg sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi angkutan laut untuk mendukung pasokan energi primer ke pembangkit-pembangkit PLN dan IPP di seluruh Indonesia telah melakukan pencapaian dan pertumbuhan dari aspek keuangan dan operasional yang memberi nilai tambah bagi sub-holding PLN EPI.

BAg telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Rencana Kerja Anggaran Perusahaan dimana terdapat milestone dan program strategis yang akan dilakukan Perseroan di tahun 2024.

Dalam milestone peningkatan pendapatan perusahaan, BAg akan melakukan optimalisasi bisnis eksisting dan peningkatan pendapatan di luar PLN Grup. Milestone selanjutnya terkait pencapaian angkutan batubara dimana BAg akan meningkatkan kapasitas armada dan bersinergi dengan mitra, meningkatkan jumlah muatan dan meningkatan ketepatan waktu untuk optimalisasi operasional kapal.
Milestone optimasi operasi juga menjadi perhatian dimana programnya antara lain mengoptimalkan tingkat utilisasi dengan meminimalkan waktu idle kapal, mengoptimalkan docking management, mengoptimalkan Planned Maintenance System (PMS) untuk pengelolaan pemeliharaan kapal milik yang terintegrasi dan digitalisasi proses bisnis.

Milestone selanjutnya BAg akan melakukan pengembangan bisnis baru di luar bisnis transportasi barubara serta beyond KwH. Salah satu yang menjadi perhatian BAg adalah mendukung program transisi energi dengan mengurangi emisi karbon diantaranya dengan implementasi onshore charging dan melakukan studi pengembangan Marine Electrification.

Secara terpisah, Tri Susanto selaku Direktur Utama PT Pelayaran Bahtera Adhiguna juga mengapresiasi diadakannya Press Briefing Corporate Exposure dan berharap melalui program ini menjadi media untuk berbagi informasi tentang apa yang sudah dan akan dilaksanakan oleh perusahaan kepada publik.

“BAg akan terus berkembang dengan dukungan para stakeholder termasuk media, hal ini akan memberikan exposure positif bagi Perusahaan” pungkas Tri Susanto.

Cek juga

PLN EPI Gandeng Konsorsium Indokorea Gas Kembangkan Infrastruktur Midstream LNG di Nusa Tenggara

JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) selaku subholding PT PLN (Persero) menggandeng …