Friday , June 21 2024

Nyaman Beraktivitas saat Cuaca Panas, Ini Tips dari PLN

Jakarta – Suhu udara di Jakarta kian meningkat. PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya bagikan tips yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap beraktivitas dengan nyaman saat cuaca panas melanda.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengungkapkan bahwa PLN memastikan bahwa ketersediaan pasokan listrik dalam kondisi yang cukup dan andal untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

“Harapan kami, masyarakat bisa beraktivas dengan nyaman. Untuk itu, kami ingin membagikan beberapa tips yang dapat digunakan sehari-hari” ungkap Lasiran.

Berikut adalah tips-tips untuk menghadapi cuaca panas:

1. Gunakan, Periksa dan Bersihkan AC: Dalam upaya menjaga kesejukan ruangan, pastikan Air Conditioner (AC) Anda beroperasi dengan efisien. Bersihkan filter AC secara rutin dan atur suhu AC seperti suhu ruang agar listrik dapat mengalir stabil.
2. Gunakan Kipas Angin: Untuk mendukung sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, kipas angin bisa menjadi pilihan yang ekonomis. Pastikan juga ventilasi rumah Anda terbuka untuk memungkinkan pertukaran udara yang lebih baik.
3. Cukupi Kebutuhan Air: Dehidrasi bisa menjadi masalah serius saat cuaca panas. Minumlah air putih secara teratur untuk memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi.
4. Tutup Jendela dan Gorden: Mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam rumah dapat menurunkan suhu ruangan. Tutup jendela dan gorden selama jam-jam terpanas dalam sehari.
5. Pakaian yang Tepat: Kenakan pakaian dari bahan yang ringan, longgar, dan berwarna terang. Ini akan membantu panas tubuh cepat keluar dan mencegah penyerapan panas yang berlebihan.
6. Hindari Kontak Matahari Langsung: Saat harus berada di luar rumah, gunakan topi, payung, atau tabir surya untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV.
7. Lapisi Kaca dengan Film: Memasang film pelindung pada kaca jendela atau pintu kaca dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah.
8. Tanam Pohon: Pepohonan tidak hanya menambah estetika lingkungan tetapi juga berperan penting dalam menurunkan suhu sekitar. Tanamlah pohon di sekitar rumah untuk menciptakan kanopi alami yang memberikan keteduhan dan kesejukan.

General Manager UID Jakarta Raya, Lasiran, menyampaikan bahwa dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan masyarakat khususnya warga Jabodetabek dapat melewati cuaca panas ini dengan lebih nyaman dan sehat. PLN UID Jakarta Raya mengingatkan untuk selalu waspada terhadap gejala heatstroke dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

“Agar penggunaan elektronik semakin nyaman, aman, dan optimal, pelanggan bisa mengisi token listrik dan cek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile,” tambah Lasiran.

Untuk kebutuhan listrik tambahan, pelanggan PLN juga kini dapat dengan mudah melakukan tambah daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

“Proses tambah daya listrik dapat dilakukan di aplikasi PLN Mobile, untuk penambahan daya tanpa perluasan jaringan, bisa dilakukan hanya dalam 1-2 hari kerja saja,” tutup Lasiran.

Cek juga

Pengurus DPD SP PLN UID Jaya 2023-2027 Dikukuhkan. GM Lasiran : Pentingnya Peran Serikat Pekerja Menjaga Harmonisasi Hubungan Industrial

Jakarta – Rangkaian kegiatan memperingati Hari Buruh Internasional, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya …