Thursday , February 22 2024

CSR PT Antam UBP Emas Berkontribusi Mewujudkan Lingkungan Lestari, Masyarakat Mandiri dan Sejahtera

JAKARTA – Sejatinya dana bantuan CSR sebuah korporasi  disebuah lingkungan masyarakat dapat memberikan dampak secara lingkungan dan peningkatan ekonomi.

General Manager PT ANTAM UBP Emas Muhidin dalam wawancara tertulis  menjelaskan secara gamblang terkait realisasi program CSR dan dampaknya terhadap masyarakat di wilayah Pongkor, Bogor Jawa Barat.

Menurut Muhidin pada tahun 2023 program CSR yang dilakukan oleh PT Antam Tbk UBP Emas mencakup  7(tujuh)  bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang kemandirian ekonomi, bidang sosial budaya, bidang lingkungan, bidang penguatan kelembagaan masyarakat, dan bidang infrastruktur.

“Program unggulan tahun ini adalah Program Pepeling Cisangku (Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan Cisangku), Program Integrated Farming Cisarua, dan Program Ecovillage Kiarasari. Program-program tersebut merupakan integrasi antara program pelestarian alam dengan peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat,”ujar Muhidin kepada fokusenergi.com (14/8/2023).

Merujuk hasil survei lapangan, skor CSI (Community Satisfaction Index) untuk PT Antam Tbk UBP Emas yang dilakukan pada tahun 2022 sebesar 89,81 yang berada pada kategori Sangat Puas. Sedangkan hasil Indeks kepuasan masyarakat (IKM) untuk PT Antam Tbk UBP Emas pada tahun 2022 sebesar 92,83% yang berada pada kategori Sangat Baik. 

Lebih lanjut Muhidin menjelaskan, PT. Antam Tbk, melalui UBP Emas terus berkomitmen untuk mendukung implementasi ESG dalam operasi bisnisnya. Dalam mengimplementasikan ESG, PT. Antam Tbk, UBP Emas memiliki inisiatif yang terdiri dari Pengurangan gas rumah kaca melalui inisiatif restorasi kawasan Pengelolaan Air dengan melakukan program konservasi air di wilayah kelompok binaan PT. Antam Tbk, UBP Emas Pengelolaan Sampah melalui program pengelolaan sampah plastik di kelompok binaan dan pengembangan program non B3 meliputi pembuatan kompos, pupuk bokashi di wilayah kelompok binaan Pengembangan Masyarakat yang diwujudkan melalui program kontribusi sosial pada pilar kesehatan, pendidikan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat dan infrastruktur

“PT. Antam Tbk UBP Emas berkomitmen untuk mengimplementasikan tata Kelola perusahaan yang baik,”tambahnya.

Hasil positif ditorehkan dari  pelaksanaan CSR Antam dimana berhasil mengubah kondisi masyarakat baik secara lingkungan maupun secara ekonomi. Program CSR PT. Antam Tbk UBP Emas membawa dampak pada lingkungan dan ekonomi masyarakat salah satunya pada program PEPELING Cisangku:

Dampak dari sisi lingkungan lingkungan telah berhasil melakukan restorasi lahan kritis seluas 590 ha dengan 245.300 pohon berdampak pada peningkatan penutupan lahan.

Berkurangnya eisi karbon 5.353ton CO2 eq/tahun. Reduksi potensi bencana longsor di 3 kecamatan (Kecamatan Nanggung-Leuwisadeng-Leuwiliang). Nilai kekayaan spesies (indeks margalef) meningkat dari 6,10 menjadi 7,98.

Muhidin patut bergembira karena secara ekonomi telah memberikan harapan kehidupan yang layak dimana 36 orang masyarakat lokal bisa mendapatkan pekerjaan baru. Selain itu sumber ekonomi lainnya diperoleh dari penjualan bibit pohon endemic Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGS)

“ Dampak dari lingkungan yang terpelihara telah memberikan peningkatan pendapatan masyarakat sebesar 42%,”jelasnya

Muhidin berharap, melalui program CSR PT Antam Tbk UBP Emas yang telah diimplementasikan dapat berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Tentunya dalam proses implementasinya PT. Antam Tbk UBP Emas senantiasa bersinergi dengan para stakeholder baik di pemerintah daerah maupun dengan para pemimpin informal (tokoh-tokoh masyarakat) sekitar sehingga atas sinergi tersebut dapat terwujud kondisi lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi operasional Perusahaan.

Cek juga

Srikandi PLN Aktif Cegah Stunting, Ratusan Anak NTB Kini Nikmati Makanan Bergizi dan Tumbuh Sehat

MATARAM – Komunitas pegawai perempuan PT PLN (Persero) atau Srikandi PLN aktif menggelar program kesehatan, …