Sunday , June 23 2024

GeoDipa Fasilitasi Transfer Knowledge Bumdesma Dukung Kemandirian Ekonomi Desa

BANDUNG – Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, melakukan studi banding ke kantor PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Rabu (10/01). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka transfer knowledge pengelolaan Bumdes.
Camat Batur, Aji Piluroso, mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut sangat penting dilakukan bagi Bumdesma Asta Karya Sejahtera Kecamatan Batur, mengingat Bumdesma tersebut belum lama berdiri dan memerlukan pembelajaran dari Bumdes yang sudah lebih berpengalaman dan berhasil dalam pengelolaan serta pemanfaatan potensi desa.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, dimana kami mendapatkan banyak transfer knowledge. Kami juga sangat mengapresiasi GeoDipa yang sudah memfasilitasi untuk dapat belajar dengan Bumdesma Sugih Alam Lestari terkait pengelolaan Bumdes serta pemanfaatan potensi desa,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bumdesma Asta Karya Sejahtera Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, merupakan Badan Usaha Desa Bersama yang terdiri dari 8 (delapan) Desa, yaitu Desa Karangtengah, Bakal, Diengkulon, Pekasiran, Pasurenan, Sumberrejo, dan Batur. Sementara Bumdesma Sugih Alam Lestari merupakan Badan Usaha Desa Bersama yang terdiri dari 3 (tiga) Desa di 3 (tiga) Kecamatan, yaitu Desa Sugihmuti Kecamatan Pasirjambu, Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey, dan Desa Alamendah Kecamatan Rancabali.

Lebih lanjut, General Manager GeoDipa Unit Dieng, Herdian Ardi Febrianto, menjelaskan bahwa kunjungan tersebut sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat di Kecamatan Batur, Banjarnegara. Hal ini dikarenakan Bumdesma akan memberikan manfaat yang sangat besar terhadap kemandirian ekonomi desa.

“Bumdesma yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa, diharapkan dapat mendorong kemandirian ekonomi yang berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Karena Bumdes yang dikelola dengan baik, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa yang diikuti dengan penngkatan kesejahteraan,” katanya.

Plt. General Manager GeoDipa Unit Patuha, Budi Santoso, menuturkan bahwa kegiatan ini menunjukkan komitmen GeoDipa dalam mendukung program pengembangan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan. Selain itu, kegiatan tersebut juga mencerminkan sinergi yang terbangun dengan baik antara perusahaan, pemerintah desa, dan masyarakat.

Cek juga

Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

Jakarta – PT PLN (Persero) bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali melaksanakan program tahunan …