Sunday , May 19 2024

Institut Teknologi PLN Gelar Semarak Ramadhan di Kampus

JAKARTA – Selama bulan Ramadhan 1445 H Institut Teknologi PLN (ITPLN) menggelar beberapa kegiatan yang dikemas dengan nama “Semarak Ramadhan di Kampus”. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah antar sesama sifitas akademika dan masyarakat sekitar kampus ITPLN. Selain itu juga untuk memberi motivasi pendalaman dan pengamalan nilai dan budaya ITPLN yaitu Integritas, Terpercaya, Profesional, Luhur Budi dan Nasionalis, mempererat ikatan komunitas kampus serta merayakan kebersamaan dalam beribadah selama bulan Ramadan. 
Tema Semarak Ramadhan 1445 H adalah “Ramadhan Bersama Al-Qur’an, Pahami Kemanusiaan dan Muliakan Tuhan (Hablum minallah dan Hablum minansaas)” Dalam suasana yang penuh berkah, mahasiswa, dosen dan seluruh sivitas akademika serta masyarakat sekitar kampus ITPLN mengikuti berbagai kegiatan diantaranya kuliah ba’da dzuhur, buka bersama, shalat tarawih, tadarus, peringatan nuzulul qur’an, itikaf dan berbagi paket sembako.

Kultum bada lohor oleh Rektor
Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K., MT mengatakan bahwa “Semarak Ramadhan” bukan hanya menjalankan ibadah. “Mahasiswa bukan hanya belajar hard skill tetapi juga soft skill. Masjid Nurul Ilmi di kampus ITPLN dijadikan pusat pembinaan karakter mahasiswa dan sivitas akdemika. Harapannya mahasiswa bukan hanya memiliki kompetensi di bidang energi dan teknologi tetapi juga memiliki akhlak dan karakter yang baik, sehingga menjadi lulusan yang siap berkarya”  ujar Prof. Iwa

Buka bersama mahasiswa di masjid kampus, setiap hari

Kepala Biro Rektorat ITPLN Dr. Ir. M Ahsin Sidqi mengatakan “Melalui kegiatan ini, kita semua dapat merasakan kehangatan dan kebersamaan dalam menjalani bulan Ramadhan, sebab inilah momentum kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan yang tak kalah penting juga masjid menjadi pusat pembinaan karakter dari pada mahasiswa itu sendiri” 
Acara “Semarak Ramadhan” di ITPLN menjadi momen yang berkesan bagi seluruh anggota kampus untuk memperdalam makna ibadah dan meningkatkan kebersamaan dalam menghadapi bulan suci Ramadan. Semangat kebersamaan ini diharapkan akan terus terjaga dan memberi inspirasi bagi semua anggota kampus dalam menjalani ibadah puasa serta menjadi pembentukan pribadi bagi para mahasiswa.

Berbagi Bingkisan Lebaran
Pada hari Selasa 2 April, beberapa hari menjelang akhir Ramadhan dan hari Lebaran, ITPLN bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) mengadakan acara Berbagi Bingkisan Lebaran warga sekitar kampus ITPLN dan pegawai level tertentu. Acara ini berlangsung di dua tempat yaitu kampus ITPLN Duri Kosambi sebanyak 400 paket sembako dan kampus Pasca Sarjana ITPLN Lebak Bulus sebanyak 100 paket sembako. Sejak pagi ratusan warga sekitar kampus berdatangan ke kampus untuk mengikuti acara ini.

Executive Vice President (EVP) Operasi Distribusi PLN, Rudi Purnomoloka yang hadir di kampus ITPLN Duri Kosambi mengatakan bahwa program berbagi bingkisan lebaran dengan tema ”Benderang Berkah Ramadhan 1445 H” ini merupakan bagian dari program YBM PLN kepada penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Salah seorang penerima manfaat, Minah yang tinggal di dekat kampus IPLN menyampaikan terima kasihnya atas bingkisan sembako yang diberikan. ”Ini sangat membantu kami dalam menyambut lebaran tahun ini. Terima kasih YBM PLN dan ITPLN” katanya.
Berbagi bingkisan lebaran

Sementara Prof Iwa menyatakan kegembiraannya menyambut warga di sekitar kampus. ”Kita bertetangga, kita hidup berdampingan. Mahasiswa kami banyak yang tinggal dan beraktivitas di lingkungan Bapak dan Ibu sekalian. Ini adalah wujud dari kerukunan dan keharmonisan hidup damai berdampingan. Kami titip anak-anak kami dan semoga mereka memberikan manfaat bagi lingkungan. Tegurlah apabila mereka berbuat sesuatu yang tidak baik dan sampaikan kepada kami” tutupnya.**)

Cek juga

Srikandi PLN Mengajar: Mahasiswa LP3I Jakarta Gali Lebih Dalam Peran Humas di Era Digital

Jakarta – Selami peran Kartini di era digital, Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta …