Sunday , April 21 2024

Jalankan Program Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan,Medco E&P Dukung Kemandirian Masyarakat

Musi Banyuasin – Medco E&P Grissik Limited (Medco E&P) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Sebagai pengelola Blok Corridor, Medco E&P melalui konsep Community Development Berkelanjutan terus menjalankan lima pilar Program Pengembangan Masyarakat (PPM) guna mendukung terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pilar yang menjadi fokus Medco E&P dalam Program Pemberdayaan Masyarakat adalah dalam bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, Medco E&P berfokus pada program peningkatan kapasitas dan kelembagaan pendidikan berbasis komunitas serta pemberian beasiswa kepada 337 guru dan mahasiswa. Bantuan pendidikan salah satunya diberikan kepada SDN Pauh Simpang Tungkal, Kabupaten Musi Banyuasin. Selain memberikan beasiswa dan pelatihan kepada siswa dan guru, Medco juga membantu dalam pembangunan infrastruktur sekolah.

Sudewo, Manager Field Relations & Community Enhancement Corridor Medco E&P, menyampaikan program permberdayaan masyarakat di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Medco tak hanya menyentuh bentuk fisik bangunan sekolah tetapi juga inti dari pendidikan, yaitu para tenaga pengajar. ‘’Yang kami harapkan adalah dengan adanya peningkatan kualitas guru dapat meningkatkan kualitas peserta didik, semakin banyak prestasi yang diraih oleh para siswa, maka akan semakin cepat peningkatan akreditasi sekolah tersebut,‘’ ujar dia, dalam acara Kunjungan Media SKK Migas – KKKS di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (6/3).

Tupardi, Kepala Sekolah SDN Pauh Simpang Tungkal menyampaikan, sejak beberapa tahun lalu, Medco E&P telah ikut andil dalam memajukan pendidikan melalui berbagai program. ‘’Selain bantuan pembangunan ruang kelas, kami juga mendapatkan pelatihan peningkatan mutu guru, beasiswa kepada guru yang sedang menempuh pendidikan S-1, bantuan untuk siswa berprestasi serta fasilitas pendukung pembelajaran,’’ ujar Tupardi.

Menurut Tupardi, berbagai program yang diberikan Medco E&P tersebut telah membantu para siswa mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik. Saat ini, kata dia, siswa yang berjumlah 154 orang lebih bersemangat dalam belajar. Selain itu, kompetensi para guru juga terus meningkat setelah mendapatkan pelatihan dari Medco E&P. ‘’Kami berharap, sinergi yang telah terjalin baik dengan Medco E&P ini dapat terus berlanjut,’’ kata Tupardi.

Sementara itu, Senior Vice President Corridor Asset, Tri Laksono, menyampaikan, Program Pemberdayaan Masyarakat yang dikerjakan oleh Medco E&P diharapkan dapat memberikan kontribusi positif atas kehadiran industri migas di wilayah kerja Medco E&P.

‘’Selain fokus memenuhi kebutuhan energi nasional dan mendukung target produksi minyak dan gas bumi yang ditetapkan pemerintah, Kami juga terus berupaya memberi kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar area operasi, melalui lima pilar Program Pemberdayaan Masyarakat. Yakni, Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Dukungan Fasilitas Sosial dan Umum serta Lingkungan,’’ ujar dia.

Menurut Tri, dalam bidang Pemberdayaan Ekonomi, Perusahaan fokus membantu pengembangan ekonomi pedesaan, seperti pemberdayaan UMKM dan pertanian organik. Salah satu UMKM binaan Medco E&P adalah Keripik Anggun yang telah mendapatkan gelar juara di Forum Kapasitas Nasional Sumatera Selatan dan Juara Umum di Kapasitas Nasional III di Jakarta, serta penghargaan Padmamitra dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Bidang Kesejahteraan.

’’Keberadaan UMKM Keripik Anggun juga telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera Selatan karena berhasil memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, bahkan Keripik Anggun pernah mengikuti pameran di luar negeri sebagai salah satu UMKM tersukses di Indonesia, ’’ kata dia.

Perusahaan juga turut mendukung upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui Posyandu. Medco E&P terus melakukan pendampingan terhadap 27 Posyandu yang berada di 10 desa dan melatih 145 kader Posyandu. Sementara itu, dalam Program Dukungan Fasilitas Umum & Fasilitas Sosial, Medco E&P membangun fasilitas air bersih dan sanitasidi Suban, dan di Bidang Lingkungan, Perusahaan bersama SKK Migas dan KKKS di Sumatera Selatan turut berkontribusi melalui Program Penghijauan Hulu Migas, dengan komitmen penanaman 1 juta pohon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengapresiasi kontribusi Medco E&P bagi pengembangan masyarakat di sekitar area operasi. ‘’Kegiatan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh SKK Migas bersama KKKS bukan sekadar tanggung jawab operasional, melainkan upaya nyata dari komitmen kami untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar wilayah operasi hulu migas,‘’ ujar dia.

Cek juga

Safari Ramadan, PLN dan BNI Hadirkan 1.500 Paket Sembako Murah untuk Ojol

JAKARTA – PT PLN (Persero) menyediakan 1.500 paket sembako harga murah untuk pengemudi ojek online …