Sunday , May 19 2024

Konsisten Implementasikan ESG, PLN Nusantara Power Raih 6 PROPER Emas Dari KLHK

JAKARTA – PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara mendapatkan kado penutup di penghujung tahun yang manis. Sebanyak enam (6) Unit Pembangkit (UP) PLN NP dianugerahi penghargaan PROPER EMAS oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Rabu (20/12) di Hotel Bidakara, Jakarta. Kelima Unit Pembangkit tersebut adalah UP Paiton, UP Indramayu, UP Gresik, UP Rembang, UP Muara Karang, serta UP Muara Tawar. Sebanyak tujuh (7) Proper Hijau juga disematkan kepada UP PLN NP lainnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc di Hotel Bidakara dan diterima oleh jajaran Direksi PLN NP.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik yang diadakan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya untuk perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Perusahaan dinilai yang secara konsisten menunjukkan keunggulan dalam pengelolaan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Menteri KLHK, Siti Nurbaya turut mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan PROPER. “Terima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah berupaya untuk menjadikan Indonesia lebih hijau. PROPER juga sekaligus indikator perusahaan dalam peningkatan kinerjanya dalam memberikan kontribusi terhadap kualitas lingkungan yang leih baik. Melalui PROPER, akan banyak muncul inovasi sosial dari perusahaan sehingga dapat menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan cara yang lebih efsien” ujarnya.

Pencapaian ini kian memperkuat komitmen PLN NP untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang sejalan dengan penerapan Environment Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmanyah mengucapkan rasa syukur dan juga apresiasi kepada seluruh karyawan PLN NP yang telah bahu membahu memberikan kinerja terbaik unitnya untuk mendapatkan penghargaan PROPER. “Pencapaian ini menandakan PLN NP telah berhasil menanamkan budaya pengelolaan lingkungan yang lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) dalam proses bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Setiap programnya, kita pastikan memenuhi 4 (empat) kategori sustainability compass, baik dari segi lingkungan, sosial, ekonomi maupun wisata.” jelas Ruly.

PLN Nusantara Power terus konsisten menambah PROPER Emas dan Hijau sejak pada tahun 2017, melalui UP Paiton, PLN NP menjadi pionir dalam mendapatkan PROPER Emas di PLN Group. Setelahnya, di setiap tahun PLN NP mendorong seluruh unit pembangkitnya di penjuru Indonesia untuk mendapatkan PROPER Hijau dan Emas.

Dalam konsistensinya mendorong capaian PROPER ini, PLN NP tercatat sebagai perusahaan pembangkit listrik pertama di lingkungan PLN Group yang meraih PROPER Emas di tahun 2017 melalui UP Paiton 1-2. Selanjutnya setiap tahunnya, PLN NP selalu berhasil dalam menaikan jumlah perolehan piala PROPERnya. Hingga tahun 2023, PLN NP sudah mengoleksi 19 trofi PROPER Emas.

Capaian PROPER Emas 2022 ini merupakan kali keenam bagi UP Paiton 1-2 berhasil mendapatkan penghargaan PROPER Emas (2017, 2018, 2019, 2021, 2022, 2023). UP Gresik juga berhasil mempertahankan PROPER Emas lima tahun berturut-turut (2019-2023). Tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga bagi UP Rembang yang berhasil mempertahankan raihan PROPER Emas (2021-2023).

Cek juga

Srikandi PLN Mengajar: Mahasiswa LP3I Jakarta Gali Lebih Dalam Peran Humas di Era Digital

Jakarta – Selami peran Kartini di era digital, Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta …