Friday , June 21 2024

Memajukan Perekonomian Warga Sangasanga Muara, Program CSR Pertamina Drilling Raih E2S Award 2023

JAKARTA – Salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, ‘Program Olah Air Limbah untuk Pertanian Berbasis Energi Baru Terbarukan’ di Kecamatan Sangasanga, Kalimantan Timur, mendapatkan apresiasi kategori ‘Best Social Innovation Oil and Gas Services Company’ pada ajang Energy and Mining Editor Society (E2S) Award 2023, di Jakarta, Jumat (12/01).

Dalam program ini, Pertamina Drilling memanfaatkan air limbah dari kegiatan pertambangan batubara yang banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Sangasanga dengan metode teknologi filtrasi berbasis panel surya yang mampu memulihkan kualitas air limbah bekas tambang menjadi air yang layak untuk pengairan pertanian warga yang menetap di lokasi tersebut.

Selaku Direktur Utama Pertamina Drilling, Avep Disasmita juga turut memberikan apresiasi atas penghargaan yang diraih oleh salah satu program TJSL unggulan Pertamina Drilling ini. “Melalui pencapaian ini, Pertamina Drilling turut memberikan dukungan terhadap tercapainya Net Zero Emission maksimal pada tahun 2060. Aktivitas ini juga memberikan value creation terhadap komunitas sekitar wilayah dilakukannya program,” tutur Avep. Kedepannya, Avep berharap bahwa sistem program ini dapat diterapkan di wilayah yang sejenis dengan Kecamatan Sangasanga, yakni wilayah tambang.

Program TJSL milik Pertamina Drilling hadir sebagai solusi terhadap masalah para petani di Kelurahan Sangasanga Muara yang kerap mengalami gagal panen karena mengandalkan air bekas limbah tambang sebagai pengairan pertanian. “Program ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas panenan serta memenuhi kebutuhan para petani secara berkelanjutan,” jelas Meddenia Ayu Wulandari Yuliastuti selaku Communication & Relation Manager Pertamina Drilling.

Indah Septiani selaku Community, Involvement, and Development (CID) Officer Pertamina Drilling mengungkapkan bahwa melalui program ini, Pertamina Drilling turut memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sekitar wilayah pengeboran. “Program ini merupakan kolaborasi antara Pertamina Drilling dan masyarakat dalam rangka bersinergi untuk terus maju bersama sehingga pada akhirnya, terciptalah kesejahteraan, baik bagi Perusahaan maupun masyarakat,” ujar Indah.

Cek juga

Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

Jakarta – PT PLN (Persero) bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali melaksanakan program tahunan …