Saturday , July 20 2024

Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat Hadirkan SMEXPO Untuk Pertama Kalinya

Jakarta – Untuk pertama kalinya, Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) diselenggarakan di Kantor Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) pada hari Selasa hingga Kamis tanggal 11-13 Juni 2024 yang menghadirkan 15 tenant Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan binaan Pertamina melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berasal dari beberapa wilayah Jawa Bagian Barat yaitu dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Garut, Tasikmalaya, Depok dan Bandung.

Pameran SMEXPO
dibuka langsung oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Denny Djukardi dan VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman yang dihadiri oleh jajaran Management Pertamina Patra Niaga Regional JBB dan para Perwira Pertamina.

Dalam sambutannya, Denny Djukardi mengatakan bahwa ini pertama kali Pertamina SMEXPO diadakan secara regional yang diikuti oleh Mitra Binaan unggulan dari Regional JBB dengan kualitas produknya yang dapat bersaing di level regional, nasional dan internasional. SMEXPO merupakan salah satu inovasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang telah rutin diadakan setiap tahun dan merupakan program pembinaan yang bersifat nirlaba untuk membantu UMKM binaan memperkenalkan produk-produk unggulannya serta meningkatkan pendapatan bisnisnya.

Pameran SMEXPO 2024 ini tidak hanya sekedar memamerkan produk UMKM tetapi sebagai wadah pembinaan yang disiapkan Pertamina untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam membaca tren pasar. Acara ini menghadirkan UMKM dari berbagai macam kategori produk, mulai Food & Baverages,Fashion, Craft hingga Kosmetik.

Pada kesempatan yang sama, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menyatakan apresiasinya kepada Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat atas terselengaranya SMEXPO yang pertama dilakukan di tahun 2024 dan menjadi bagian dari rangkaian 6 SMEXPO lainnya yang akan kita lakukan di seluruh Indonesia.

Pameran SMEXPO Regional akan dilaksanakan di 5 Kota dan puncaknya Business Matching serta Pameran SMEXPO Nasional yang akan diadakan di Jakarta. Pameran SMEXPO ini untuk memberikan semangat dan menggerakan para UMKM untuk dapat meningkatkan produktivitas dan keterampilannya, mampu meningkatkan kapabilitas sehingga dapat berkontribusi secara optimal serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sekaligus ajang pembuktian bahwa UMKM Indonesia mampu berkarya dan berprestasi.

Pada kesempatan yang berbeda, Pjs. Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Muslim Dharmawan menjelaskan dari seluruh Mitra Binaan yang terlibat sebanyak 15 UMKM rata-rata penjualannya naik hampir 100% dalam 3 hari.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, kami berharap mereka dapat menularkan ilmunya kepada Mitra Binaan yang belum berkesempatan untuk mengikuti pameran sehingga dapat menciptakan perekonomian yang tumbuh berkelanjutan”, uangkap Muslim.

Pameran SMEXPO ini merupakan bentuk dari pembinaan terhadap pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, memperluas akses pasar, hingga berujung pada pertumbuhan ekonomi, dimana hal tersebut merupakan implementasi Pertamina terhadap prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) pada aspek Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Cek juga

Kolaborasi United Tractors dan Astra Bersama BKKBN Gelar Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU) 2024

JAKARTA – PT United Tractors Tbk (UT) dan PT Astra International Tbk (Astra) bekerja sama …