Sunday , March 3 2024

Program Konservasi Pesut Mahakam & Wasteco PHI Raih Penghargaan Internasional The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards 2023

DA NANG – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) melalui anak perusahaannya, Pertamina Hulu Mahakam (PHM) terus membuktikan komitmennya dalam pengembangan masyarakat dan konservasi lingkungan. Komitmen tersebut dibuktikan melalui pengakuan internasional yang diperoleh dalam ajang The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards 2023 (29/8) kepada dua program unggulan CSR PHM, yaitu Program Konservasi Endemik Pesut Mahakam (Komik Pesut) dan Program Waste to Energy for Community (Wasteco). Kedua program berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Platinum pada ajang yang gelar di Kota Da Nang, Vietnam tersebut.

Bertajuk “Driving Transformational Change Beyond Greenwashing”, The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards 2023 menekankan penilaian kepada kontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs). The Annual Global CSR Awards merupakan ajang international tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan setiap tahun dengan memberikan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan CSR secara berkelanjutan dan capaian outcome terukur, dengan sistem penilaian yang selektif.

Komik Pesut merupakan program konservasi Pesut Mahakam yang saat ini berstatus critically endangered dan hanya tersisa 85 ekor saja. Komik Pesut mengintegrasikan konservasi dengan dengan pemberdayaan masyarakat melalui sektor wisata berbasis community-based tourism. Berlokasi di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Perusahaan berkolaborasi dengan Pokdarwis Bekayuh Baumbai Bebudaya sebagai pengelola Desa Wisata Pela, Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Komik Pesut mengajak nelayan mengurangi penggunaan alat tangkap ikan yang mengganggu habitat Pesut Mahakam. PHM juga mengembangkan inovasi Pinger Akustik yang digunakan di kapal/jaring nelayan. Pinger akustik mengeluarkan sonar yang frekuensinya bisa didengar oleh Pesut sehingga Pesut tidak akan mendekat ke jaring nelayan. Pinger akustik ini merupakan inovasi modifikasi resonansi suara yang digunakan dalam proses seismik. Inovasi ini berhasil menurunkan 66% Pesut yang terjerat, sehingga tidak ada lagi pesut yang terjerat jaring nelayan.

Senior Manager Relations PHI, Farah Dewi menerima langsung penghargaan tersebut dan menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan wujud pengakuan internasional untuk Program CSR Perusahaan yang berkontribusi dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Desa Wisata Pela mendorong ekonomi lokal dan menggerakkan lebih dari 500 jiwa melalui pengelolaan homestay, pengembangan UMKM dan atraksi wisata. Edukasi konservasi juga berhasil mengubah warga pemburu menjadi Ranger Pesut, yang aktif dalam menjaga keberadaan Pesut Mahakam. “Setiap bulan, lebih dari 200 orang wisatawan wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke Desa Pela,” imbuh Farah.

Sementara, Program Wasteco merupakan bagian dari inisiatif Desa Energi Berdikari (DEB) Pertamina yang mendukung upaya transisi energi nasional melalui pemanfaatan sumber energi baru & terbarukan (EBT) dari gas metana yang dihasilkan oleh sampah domestik/organik di TPAS Manggar. Program Wasteco mengintegrasikan core competency Perusahaan berupa keahlian dalam teknik penangkapan dan penyaluran gas yang diimplementasikan ke dalam program pemberdayaan masyarakat. Upaya ini dikembangkan PHM bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan.

“Hingga bulan Agustus 2023, penyaluran gas Wasteco telah terdistribusi ke lebih dari 350 sambungan rumah dengan pasokan gas metana mencapai 594.000 m3/tahun. Sebanyak 1.250 jiwa, termasuk 28 UMKM, merasakan manfaat langsung penggunaan gas metana untuk sumber energi domestik. Wasteco turut berkontribusi menurunkan potensi emisi karbon sebesar 288.449 ton CO2eq/tahun.,” ungkap Farah.

Inovasi Wasteco telah direplikasi di beberapa daerah. Salah satunya, Desa Taro, Kabupaten Gianyar, Bali untuk pemanfaatan usaha Pokdarwis. Pada Juni 2023, Wasteco juga menerima Hak Paten dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atas Peralatan Optimalisasi Gas Methan Sampah Dengan Menggunakan Wasteco.

Di tempat terpisah, General Manager PHM, Setyo Sapto Edi menyambut baik penghargaan yang diterima PHM melalui program-program unggulannya.
“Perhargaan ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus berinovasi, menebar manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan melalui pengembangan program pemberdayaan masyarakat maupun konservasi lingkungan. Program-program ini merupakan bagian dari implementasi pengelolaan aspek ESG Perusahaan yang berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs,” ucap Edi.

Dengan integrasi konservasi dan wisata, Komik Pesut selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs tujuan ke – 8, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta tujuan ke – 14, ekosistem lautan. Sementara, program Wasteco mendorong tercapainya tujuan ke – 7, energi bersih dan terjangkau, dan tujuan ke – 13, penanganan perubahan iklim.

Cek juga

Lagi, SKK Migas dan KKKS Lakukan Bantuan Pemasangan Listrik Wilayah Terpencil

Anambas – SKK Migas memberikan apresiasi kepada KKKS wilayah Kepulauan Riau yang telah melaksanakan Program …