Wednesday , April 17 2024

PT Pertamina Hulu Indonesia – Pertamina Foundation Luncurkan Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, berkolaborasi dengan Pertamina Foundation (PF) meluncurkan Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK), salah satu program CSR unggulan PHI di bidang pendidikan. Peluncuran dan sosialisasi program ini dilaksanakan secara daring dengan diikuti para kepala dinas pendidikan, kepala sekolah, dan perwakilan siswa dari sekitar wilayah operasi PHI Regional 3 Kalimantan pada Kamis (14/03).

Program BSBK berupa pemberian beasiswa penuh jenjang S1 (sarjana) bagi lulusan SMA dan sederajat dari sekolah-sekolah yang terdaftar dalam program ini, terutama dari keluarga pra-sejahtera. Sebagai program yang inklusif, program beasiswa ini memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas yang memenuhi syarat.

Manager Communication Relations & CID PHI, Dony Indrawan, menyampaikan, Program BSBK memberikan peluang bagi putra-putri terbaik Kalimantan, yang memiliki keterbatasan dari sisi ekonomi, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Empat perguruan tinggi yang menjadi mitra program ini adalah Universitas Borneo Tarakan (Kalimantan Utara); Universitas Mulawarman dan Institut Teknologi Kalimantan (Kalimantan Timur); serta Universitas Lambung Mangkurat (Kalimantan Selatan).

”Program BSBK ini merupakan wujud komitmen PHI dalam pengembangan sumber daya manusia di sekitar wilayah operasi Perusahaan. Kami meyakini bahwa pendidikan merupakan salah satu fondasi utama untuk membangun masyarakat yang mandiri dan berwawasan luas sehingga mendorong pembangunan yang berkelanjutan,” ungkap Dony. Program beasiswa ini memberikan peluang bagi para calon peserta untuk memperoleh pengetahuan, pengembangan jiwa ramah lingkungan, penguatan karakter cinta budaya Indonesia, dan pengalaman keterampilan pendampingan aktivasi energi baru terbarukan.

”PHI ingin berkontribusi terhadap lahirnya generasi muda Kalimantan yang dapat memberikan ”energi” dan sumbangsih bagi kemajuan Indonesia ke depan. Energi Kalimantan untuk Indonesia,” tegasnya. Tahun ini merupakan tahun perdana penyelenggaraan BSBK, yang didukung anak-anak perusahaan PHI, yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Pertamina Foundation bertindak sebagai mitra pelaksana program. “Kami berupaya menjembatani upaya peningkatan pendidikan dan kemajuan bagi putra-putri Kalimantan. Keseluruhan kegiatan mulai dari penyediaan informasi, proses perekrutan dan seleksi, pemberian beasiswa, pemberangkatan ke universitas tujuan, hingga pendampingan penerima beasiswa harus dapat terlaksana dengan tata kelola yang baik,” ujar Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo.

Dukungan penuh terhadap BSBK disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Yekti Utami. “Kehadiran Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan dapat membantu misi pemerintah provinsi dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi dan juga pelestarian lingkungan sesuai nama beasiswanya, yakni Sobat Bumi,” tutur Yekti.

Pendaftaran BSBK dibuka mulai 15 Maret hingga 23 Maret 2024 melalui website Pertamina Foundation. Informasi seputar Program BSBK juga dapat diakses melalui media sosial resmi PT Pertamina Hulu Indonesia dan Pertamina Foundation.

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas di Regional 3 Kalimantan sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia. Melalui anak perusahaan dan afiliasinya yang bekerja sama dengan SKK Migas, PHI menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Cek juga

Safari Ramadan, PLN dan BNI Hadirkan 1.500 Paket Sembako Murah untuk Ojol

JAKARTA – PT PLN (Persero) menyediakan 1.500 paket sembako harga murah untuk pengemudi ojek online …