Thursday , February 22 2024

UMKM Binaan PLN UID Jakarta Raya Capai Tembus Transaksi Terbesar

JAKARTA – UMKM Nara’s Bead binaan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mendapatkan apresiasi sebagai pelaku usaha yang tembus mencapai nilai transaksi terbesar dalam Bazar UMKM dengan inisiator dari Kementerian BUMN kolaborasi bersama PLN dan Peruri. Berlangsung tanggal 21-24 September 2023 di Sarinah, transaksi UMKM kerajinan mutiara ini tercatat mencapai Rp 28,5 juta di aplikasi PaDi UMKM.

Rohyani, pemilik UMKM Nara’s Bead mengungkapkan dirinya optimis bisa meraih penjualan yang tinggi di tahun ini dan harapannya bisa menembus pasar ekspor. Nara’s Bead melakukan penjualannya secara online dan juga offline melalui pameran-pameran. Selain penjualan produk, UMKM ini juga memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ingin belajar merangkai perhiasan dari mutiara.

“Alhamdulillah seneng banget bisa ikut bazar UMKM di Sarinah ini diajak sama PLN, dan alhamdulillah lagi produknya banyak yang laku dan dapat hadiah penjualan terbanyak, beneran surprise banget,” ungkap Rohyani.

Tak hanya menjual produk, dalam rangkaian Bazar UMKM Sarinah, Nara’s Bead memberikan pelatihan merangkai perhiasan mutiara kepada tamu-tamu undangan. Peserta pelatihan termasuk Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly, sangat antusias dalam mengikuti pelatihan.

Selain Nara’s Bead, terdapat 16 mitra dari Hub UMK Jakarta Raya binaan PLN UID Jakarta Raya yang turut serta dalam Bazar UMKM Sarinah. Total keseluruhan UMKM yang bergabung pada Bazar UMKM Sarinah edisi September yaitu 270 UMKM dan tercatat 1.387 transaksi dengan total transaksi sebesar Rp 2,3 Miliar.

Lasiran, General Manager PLN UID Jakarta Raya memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM yang sudah turut bergabung dalam Bazar UMKM di Sarinah. Ia menambahkan bahwa PLN akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia melalui UMKM untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pilar ekonomi.

Lebih lanjut Lasiran menyampaikan bahwa dalam mencapai SDGs ini diperlukan kolaborasi antara pelaku usaha, pemerintah, masyarakat, dan tentunya pihak kolaborator. Dalam hal ini PLN melalui program PLN Peduli siap menjadi kolaborator untuk mendukung ketahanan bangsa Indonesia di berbagai sektor.

“PLN Peduli ini punya banyak program untuk mendukung pemerintah dalam SDGs, semua harus aktif berkolaborasi untuk tujuan yang lebih besar lagi,” kata Lasiran.

Hingga saat ini terdapat 354 UMKM yang tergabung dalam Hub UMK binaan PLN UID Jakarta Raya. Anggota Hub UMK berkesempatan untuk mendapat pelatihan, pendampingan naik kelas, dan tentunya kesempatan promosi seperti mengikuti bazar.

Cek juga

Srikandi PLN Aktif Cegah Stunting, Ratusan Anak NTB Kini Nikmati Makanan Bergizi dan Tumbuh Sehat

MATARAM – Komunitas pegawai perempuan PT PLN (Persero) atau Srikandi PLN aktif menggelar program kesehatan, …