Wednesday , April 17 2024

Ini Ya Tips dari PLN, Biar Mudik Tenang dan Nyaman

Jakarta – Momen mudik Lebaran merupakan waktu yang dinanti-nantikan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Namun, sebelum mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah aman dan nyaman selama ditinggalkan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Lasiran membagikan beberapa tips mudik Lebaran agar mudik Anda tenang dan nyaman.

“Pertama, sebelum mudik pastikan bayar tagihan listrik dulu, supaya mudik lebih tenang. Untuk pelanggan yang pakai prabayar, jangan lupa isi tokennya. Jadi meskipun rumah ditinggal, penerangan untuk lampu masih tetap menyala. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ungkap Lasiran.

Kedua, cabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang dicolokkan masih berpotensi mengalami kerusakan terutama saat ada sambaran petir ke rumah dan kondisi grounding instalasi rumah tidak bagus. Nyalakan peralatan listrik yang digunakan saja seperti lampu teras.

Ketiga, pastikan listrik yang tersambung adalah listrik resmi dan menggunakan kWh meter sesuai daya langganan serta peruntukan.

“Selanjutnya, Anda juga bisa menitipkan rumah kepada satpam ataupun tetangga yang dikenal dekat. Sehingga jika terjadi kondisi bencana bisa dimitigasi dan tidak meluas,” tambah Lasiran.

Terakhir gunakan PLN Mobile untuk berbagai kebutuhan kelistrikan, mulai dari bayar tagihan, beli token, lapor pengaduan atau pengaduan sekalipun bisa dilakukan meskipun dari kampung halaman.

Lasiran menambahkan, PLN UID Jakarta Raya telah menyiapkan 1.684 personil dan peralatan yang siaga 24 jam tersebar di 17 posko siaga kelistrikan Idul Fitri melayani kebutuhan masyarakat selama mudik Lebaran.

“Jika terjadi gangguan listrik, masyarakat bisa langsung lapor di PLN Mobile, petugas kami akan segera datang dan menyelesaikan berbagai keluhan pelanggan,” tutup Lasiran.

Cek juga

Enjoy aja Nikmati Libur Lebaran di Jakarta, Biar PLN yang Jaga Listriknya

Jakarta – Sebagian masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang tidak mudik tentu menghabiskan waktu dengan bertamasya …