Sunday , April 21 2024

Miliki Berbagai Terobosan Dalam Transisi Energi, PLN Raih Green Initiative Awards 2023

JAKARTA – PT PLN (Persero) meraih penghargaan Katadata Green Initiative Awards 2023 untuk kategori Energy/Mining. Penghargaan diperoleh karena PLN dinilai berhasil menjalankan berbagai inisiatif yang berdampak bagi lingkungan dan berkelanjutan.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan, saat ini pelaku bisnis maupun korporasi tidak cukup hanya berfokus pada profit semata, tetapi juga harus memperhatikan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Karena itu, Pemerintah mendorong seluruh perusahaan menerapkan strategi bisnis berkelanjutan.

“3P (People, Planet, dan Profit). People itu lembaga usahanya, planet itu greennya, profit itu yang berkelanjutan kira–kira begitu. Karena profit tidak akan berkelanjutan, ekonomi tidak akan terus tumbuh kalau kita merusak lingkungan, kalau kita juga tidak respect terhadap masyarakat,” kata Teten.

Sejalan dengan itu, CEO sekaligus Co-Founder Katadata Indoneska, Metta Dharmasaputra mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. Khusus kepada PLN, penghargaan diberikan karena dinilai berhasil menjalankan inovasi dalam mitigasi risiko lingkungan dengan menerapkan standar kepatuhan yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan, yang mengacu pada penerapan SNI ISO 14001:2015 atau ISO 14001:2004 – Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) dalam setiap program perusahaan.

“Banyak sekali perusahan yang inisiatif untuk merawat bumi ini kemudian menjaga seisinya, karena itu kami sebut ini sebagai Katadata Sustainibility Award. Index keberlanjutan yang menjadi acuan kenapa awarding ini diberikan kepada semua pihak yang melakukan inisiasi baik untuk menjaga Indonesia agar tetap hijau dan tetap nyaman untuk seluruh masyarakat,” kata Metta.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan ini memacu PLN untuk terus mengedepankan pembangunan keberlanjutan dalam setiap operasional bisnisnya. Hal ini sejalan dengan misi PLN untuk menjalankan usaha yang berwawasan lingkungan sesuai tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Untuk mewujudkan misi tersebut, kami terus memastikan bahwa operasional bisnis kami selalu memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat,” ucap Darmawan.

PLN juga mengelola seluruh risiko secara efektif dan efisien untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui manajemen risiko yang proaktif.

“Dulu tugas utama kami adalah menyediakan layanan listrik, tapi sekarang tugas kami adalah menjaga lingkungan, sementara listrik hanyalah bagian produk kami,” pungkas Darmawan.

Cek juga

Masyarakat Jakarta Kembali Beraktifitas, Beban Listrik Meningkat

JAKARTA – Pascalibur Idul Fitri, masyarakat Jakarta telah kembali ke Jakarta dan beraktifitas dengan intensitas …