Sunday , March 3 2024

Peringati Hari Listrik Nasional ke-78, ITPLN Siap Cetak SDM Unggul Mendukung Transisi Energi

JAKARTA – Institut Teknologi PLN (ITPLN) turut memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 tanggal 27 Oktober 2023. ITPLN berkomitmen untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang kelistrikan dan berwawasan lingkungan dalam mendukung transisi energi.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K. M.T., pada peringatan HLN ke-78 di kampus ITPLN, Duri Kosambi Jakarta, Jumat, (27/10/2023).

Prof. Iwa mengatakan, ITPLN merupakan perguruan tinggi yang konsisten dalam mendukung transisi energi. Hal tersebut diantaranya dengan dinobatkannya ITPLN sebagai Lembaga Pendidikan yang Fokus Mendukung Transisi Energi dan menerima penghargaan dari Dewan Energi Nasional (DEN) dalam malam anugerah rangkaian acara Energy Transition Conference and Exhibition (ITCE) 2023.

“Sebagai anak kandung PT PLN (Persero), pada peringatan HLN ke-78 ini dengan tema Accelerating Renewable Energy dan tagline We’re the New Energy, ITPLN berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul bidang kelistrikan dan berwawasan lingkungan. Dirgahayu Kelistrikan Indonesia,” ucap Prof. Iwa.

Lebih jauh, Prof. Iwa menyampaikan bahwa, ITPLN memiliki tekad untuk menjadi perguruan tinggi teknik terbaik se-ASEAN. Maka dari itu, ITPLN siap memasok sumber daya manusia yang unggul dalam rangka mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060.

Guna mencapai hal tersebut, lanjut Prof. Iwa, ITPLN juga memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa dengan kemampuan teknis dan pengembangan keahlian (soft skill). Di antaranya dengan melakukan berbagai macam pelatihan sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa yang bekerja sama dengan dunia industry salah satunya yakni Microsoft.

Sementara dalam pengembangan soft skill mahasiswa, kata Prof. Iwa, ITPLN berkolaborasi dengan PT PLN mengadakan program ENERGIZE.

“ENERGIZE merupakan program inspiratif yang bertujuan uentuk membekali mahasiswa ITPLN dengan keterampilan dan pengetahuan yang lebih dari sekadar teori teknis. Lewat program ENEGRIZE ini kami menciptakan panggung kepada mahasiswa untuk tumbuh, dan berkembang menjadi individu yang tidak hanya mahir dalam bidang teknis, tetapi mampu menghadapi tantangan dunia ke depan dengan percaya diri,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini ITPLN tengah menjalankan transformasi perguruan tinggi menuju world class university. Maka dari itu, ITPLN kini menerapkan pembelajaran dengan strategi 442, di mana 40% merupakan teori, 40% selanjutnya menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia industri (problem solving), dan 20% terjun langsung ke industri.

Cek juga

PLN UID Jakarta Raya Sambung Listrik Serentak 36 Juta VA, Dukung Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Jakarta – Dukung pertumbuhan ekonomi Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya lakukan penyambungan …