Sunday , May 19 2024

PLN Indonesia Power Kerahkan Ribuan Personil Saat Malam Takbir 1445 Hijriah

JAKARTA – PLN Indonesia Power pastikan pasokan listrik andal saat malam takbir yang diperkirakan melebihi beban puncak dibanding hari biasanya. Sebanyak 4.694 personil di seluruh unit kerja siap mengawal kendalan pasokan listrik Tanah Air.

Direktur Utama PLN lndonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan dari beberapa hari yang ditetapkan sebagai tanggal siaga kelistrikan Idulfitri 1445 H, pada tanggal 9 malam diperkirakan akan melebihi beban puncak biasanya. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang melaksanakan takbir di malam Idulfitri dan tak jarang dilaksanakan selama 1 malam penuh.

“Pada malam takbir biasanya akan berbeda dari malam biasanya, masyarakat banyak yang berbondong-bondong ke tempat Ibadah untuk melaksanakan takbir, hal ini akan menjadi perhatian kami, dan kami sampaikan kepada rekan-rekan yang ada di unit untuk selalu siaga dan sepenuh hati dalam menjalankan tugas mulia ini,” ujar Edwin.

Sebelumnya Edwin mengatakan PLN Indonesia Power saat ini memiliki daya mampu netto sebesar 18.013 MW, daya mampu pasok 14.839 MW berasal dari 431 mesin pembangkit di 107 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan dengan kesiapan energi primer diatas 20 Hari Operasi Pembangkit (HOP) dengan dukungan ribuan personil dari PLN Indonesia Power. Kapasitas tersebut cukup untuk menunjang aktivitas pelanggan baik golongan rumah rangga, tempat ibadah, industri dan bisnis.

“Dengan daya pasok listrik yang tersedia maka dari sisi sistem pembangkitan sangat aman, kami pun optimis mampu menyediakan listrik untuk memenuhi kebutuhan seluruh golongan pelanggan, PLN Indonesia Power siap melaksanakan dan mendukung kesiapan Siaga Kelistrikan Nasional Idul Fitri 1445 Hijriah, kami siaga dari tanggal 3 April hingga 19 April 2024 mendatang setelah masyarakat kembali ke tempat masing-masing,” ujar Edwin.

Edwin menekankan saat siaga tanggal 3 April hingga 19 April 2024 diperkirakan beban puncak tertinggi yaitu pada tanggal 9 hingga memasuki tanggal 10 dimana sebagian besar masyarakat melaksanakan takbir menjelang 1 syawal 1445 Hijriah.

“Menjadi perhatian kami khususnya malam takbir yang diperkirakan mencapai beban puncak tertinggi diantara tanggal 3 hingga 19 April 2024 yang telah ditetapkan sebagai siaga kelistrikan Idulfitri 1445 Hijriah,” kata Edwin.

Dimulai dari tanggal 9 dini hari setiap unit PLN Indonesia Power telah mengerahkan seluruh kekuatan dalam mengawal malam takbir. Tak terkecuali manajemen juga turun langsung mengawal dan memastikan keandalan mesin pembangkitnya. Selain manajemen, personil operasional, pemeliharaan maupun personil pengamanan korporat akan siaga di 76 lokasi posko yang telah ditetapkan.

Cek juga

PLN Sukses Realisasikan PMN, Nyalakan 24 Jam Listrik di Wilayah 3T Riau

Pekanbaru – Sebanyak 274 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Cimpur, Dusun IV Pauh Ranap dan …