Sunday , May 19 2024

PLN Indonesia Power Siap Penuhi Pasokan Listrik Saat Masyarakat Laksanakan Tradisi Tahunan Mudik Lebaran

JAKARTA – PLN Indonesia Power pastikan semua pembangkit dalam keadaan prima dan siap memasok listrik untuk kenyamanan masyarakat saat melaksanakan mudik lebaran dan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo menyampaikan, PLN tengah bersiaga penuh terhadap sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung untuk menghadirkan momen lebaran dengan layanan listrik yang tetap terjaga keandalannya.

“Dalam menghadapi lebaran, kita siaga penuh sampai tanggal 19 April mendatang. PLN berkomitmen untuk selalu menyediakan listrik yang andal bagi masyarakat,” kata Darmawan.

Sementara itu Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan sebagai Subholding PLN di bidang pembangkitan, PLN Indonesia Power memiliki peran penting dalam mendukung ketercukupan kebutuhan listrik khususnya saat sebagian besar masyarakat Indonesia melaksanakan mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

“PLN Indonesia Power berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik dengan mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum masyarakat mudik lebaran, saya bersama BOD lain telah melaksanakan safari ke unit-unit untuk pastikan keandalannya,” ujarnya.

“Sebelumnya kami juga telah instruksikan ke manajemen unit untuk memajukan seluruh pemeliharaan pembangkitan dan operasional sistemnya, melaksanakan inspeksi dan pengecekan secara rutin sehingga saat ini dalam keadaan prima, agar masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan nyaman,” kata Edwin.

Edwin mengungkapkan, PLN Indonesia Power saat ini memiliki daya mampu netto sebesar 18.013 MW, daya mampu pasok 14.839 MW berasal dari 431 mesin pembangkit di 107 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan dengan kesiapan energi primer diatas 20 Hari Operasi Pembangkit (HOP) dengan dukungan ribuan personil dari PLN Indonesia Power. Kapasitas tersebut cukup untuk menunjang aktivitas pelanggan baik golongan rumah rangga, tempat ibadah, industri dan bisnis.

“Dengan daya pasok listrik yang tersedia maka dari sisi sistem pembangkitan sangat aman, kami pun optimis mampu menyediakan listrik untuk memenuhi kebutuhan seluruh golongan pelanggan, PLN Indonesia Power siap melaksanakan dan mendukung kesiapan Siaga Kelistrikan Nasional Idul Fitri 1445 Hijriah, kami siaga dari tanggal 3 April hingga 19 April 2024 mendatang setelah masyarakat kembali ke tempat masing-masing,” ujar Edwin.

“Kami juga menyiagakan 1623 personil operasional, 675 personil pemeliharaan, 2.396 personil pengamanan korporat dan menyiapkan Posko siaga di 76 lokasi,” tambah Edwin.

Disamping itu, sebagai pendukung Holding untuk menurunkan emisi karbon pada sektor pembangkitan, PLN Indonesia Power juga terus berupaya meningkatkan produksi green energy yang dihasilkan dari pembangkit berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) dan penerapan cofiring pada PLTU.

“PLN Indonesia Power terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan EBT sehingga dapat mendukung pencapaian target porsi EBT dalam bauran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025,” pungkas Edwin

Cek juga

PLN Sukses Realisasikan PMN, Nyalakan 24 Jam Listrik di Wilayah 3T Riau

Pekanbaru – Sebanyak 274 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Cimpur, Dusun IV Pauh Ranap dan …