Sunday , May 19 2024

Tak Libur Meski Lebaran, Petugas PLN Jaga Pasokan Listrik Solat Ied di Masjid Istiqlal

JAKARTA – Takbir telah berkumandang, tanda Ramadan berganti Syawal. Hari ini masjid-masjid dan lapangan dipenuhi umat muslim untuk menjalankan ibadah solat Idul Fitri. Petugas PLN siap siaga menjaga keandalan kelistrikan saat pelaksanaan ibadah tersebut.

Terjun langsung ke lokasi masjid, PLN memastikan ibadah solat Ied berjalan lancar dengan keandalan pasokan listrik. Salah satu masjid yang dijaga keandalan listriknya yaitu Masjid Istiqlal Jakarta. Mulai dari Presiden, Menteri, Duta-Duta Besar, serta ratusan ribu jamaah lainnya mengikuti solat Ied di masjid ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa Masjid Istiqlal menjadi salah satu lokasi pantauan utama dalam siaga kelistrikan Idul Fitri tahun ini. PLN telah berkoordinasi dengan banyak pihak, diantaranya panitia pelaksanaan solat Ied, satuan keamanan, dan instansi lainnya untuk memastikan kegiatan solat Ied dapat berjalan lancar.

“PLN sendiri telah melakukan berbagai persiapan dari jauh-jauh hari. Seperti melakukan inspeksi dan pemeliharaan di Gardu Distribusi yang menyuplai Masjid Istiqlal, serta melakukan upaya penguatan pasokan listrik, dengan memasang UPS,” ujar Lasiran.

Lasiran menambahkan suplai listrik ke Masjid Istiqlal sebanyak 5 lapis dengan petugas siaga di lokasi maupun di Distribution Control Center. PLN UID Jakarta Raya telah memasang Automatic Change Over (ACO) yaitu alat pemindah otomatis dan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 340 kilovolt ampere (kVA) di Masjid Istiqlal, sebagai bentuk penguatan pasokan listrik. Dimana telah dilakukan juga uji coba dan simulasi dengan pihak teknisi Masjid Istiqlal untuk memastikan peralatan tersebut bekerja dengan baik.

“Alhamdulillah hari ini pelaksanaan Solat Idul Fitri di Masjid Istiqlal berjalan dengan khidmat dan lancar, tanpa ada suatu kendala kelistrikan apapun. Tentunya ini berkat kerja sama yang baik antarberbagai pihak dan petugas PLN yang siap siaga mengawal pelaksanaan solat Ied ini” ungkap Lasiran usai menunaikan Solat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Lasiran menambahkan bahwa tidak hanya Masjid Istiqlal saja, PLN juga telah mengerahkan seluruh petugas siaga untuk mengecek kesiapan Solat Idul Fitri di 518 masjid lainnya yang tersebar di seluruh Jakarta.

“Kemarin petugas kami sudah keliling untuk memastikan kesiapan masjid-masjid yang akan menjalankan solat Ied. Ini dilakukan agar masyarakat Muslim dapat menjalankan ibadah solat Ied dengan tenang dan nyaman,” tutup Lasiran.

Cek juga

PLN Sukses Realisasikan PMN, Nyalakan 24 Jam Listrik di Wilayah 3T Riau

Pekanbaru – Sebanyak 274 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Cimpur, Dusun IV Pauh Ranap dan …