Sunday , June 23 2024

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan, PLN UID Jakarta Raya Sukses Implementasikan 100% Smart Meter AMI

JAKARTA – Sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan serta dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-78, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya sukses melakukan 100% penggantian kWh meter pascabayar menjadi smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bandengan. Sebanyak 175.100 smart meter telah dipasang menggantikan kWh meter pascabayar yang lama, ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital untuk layanan kelistrikan yang sedang digencarkan PLN.

Dalam kurun waktu 125 hari, proses pengggantian smart meter AMI di PLN UID Jakarta Raya terlaksana dengan baik. Dengan kehadiran smart meter AMI, penggunaan energi listrik pelanggan dapat dilakukan dan diketahui PLN dari jarak jauh. Sistem komunikasi digital ini membuat hasil baca meter menjadi lebih akurat dan tentunya akan lebih menjaga privasi pelanggan. Dimana sebelumnya, PLN mencatat pemakaian listrik konsumen secara manual dengan mendatangi rumah ke rumah.

Saat melakukan penyalaan smart meter AMI yang ke-175.100 di daerah Pekojan, Bandengan Utara, General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengungkapkan bahwa implementasi penggantian smart meter AMI telah 100% dan terlaksana dengan baik

“Alhamdulillah pada hari ini, PLN UID Jakarta Raya telah menyelesaikan penggantian sebanyak 175.100 smart meter AMI dalam kurun waktu 125 hari. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pelanggan yang telah proaktif mendukung terlaksananya program ini dengan baik. Senang sekali hari ini saya bisa melakukan penyalaan smart meter AMI yang ke-175.100,” tutur Lasiran.

Salah satu pelanggan PLN, Tri, mengaku sangat senang dengan program penggantian smart meter AMI ini, karena dirinya kini tidak perlu takut kalau kWh meter dirumahnya tidak terbaca.

“Sekarang setiap bulan tidak ada lagi yang datang catat meter ke rumah. Jika ada padam listrik di rumah, PLN juga langsung mengetahuinya. Terima kasih PLN,” ungkap Tri.

Smart meter AMI telah didukung dengan sistem komunikasi dua arah antara PLN dan pelanggan yang berbasis Internet of Things (IoT) sehingga bisa mengukur secara real time. Selain akurat dan privasi yang lebih terjaga, keunggulan Smart Meter AMI lainnya adalah monitoring pemakaian energi listrik oleh pelanggan dapat dilakukan secara real time. PLN juga dapat lakukan deteksi dini pemadaman dan gangguan sehingga lebih cepat teratasi. Smart Meter AMI bisa terintegrasi dengan layanan PLN lainnya melalui PLN Mobile.

Cek juga

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pasokan Listrik Jakarta Surplus

Jakarta – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, pasokan listrik di Provinsi Daerah Khusus Ibukota …