Thursday , February 22 2024

GeoDipa-KKT Kerjasama Garap Proyek Panas Bumi Patuha Utara

JAKARTA – PT Geo Dipa Energi (Persero) bekerjasama dengan PT Kopjasa Keahlian Teknosa (KKT) terkait Rencana Proyek Panas Bumi di wilayah Patuha Utara, Kabupaten Bandung. Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Niaga GeoDipa, Ilen Kardani, dan Direktur Utama KKT, Hermawati Parinduri, di Kantor KKT, Jakarta, Selasa (16/01).

Berdasarkan MoU tersebut, GeoDipa dan KKT akan melakukan kerjasama terkait pemanfaatan lahan bersama untuk menunjang rencana proyek panas bumi di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, di mana wilayah tersebut merupakan wilayah kerja eksplorasi GeoDipa yang berdampingan dengan wilayah pembangunan dan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Cibuni, milik KKT. Selain itu, kerjasama tersebut juga mencakup pengelolaan sosial bersama selama pelaksanaan pengembangan proyek panas bumi tersebut.

Dirut KKT, Hermawati, menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik dengan adanya kerjasama antara GeoDipa dan KKT. Hal ini dikarenakan dengan adanya kerjasama tersebut akan memberikan dampak positif terhadap efisiensi pemanfaatan lahan untuk pengembangan proyek panas bumi di wilayah Patuha Utara.

“Ini merupakan kerjasama yang baik juga untuk kedepannya. KKT memiliki lapangan geothermal kecil di Patuha, tetangga kita hanya GeoDipa dan masyarakat di sekitar wilayah kerja, oleh karena itu kita akan bersinergi untuk menjaga kondusifitas untuk pengembangan proyek panas bumi,” katanya.

Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Niaga GeoDipa, Ilen Kardani, menjelaskan bahwa saat ini GeoDipa tengah melakukan kegiatan penyiapan safeguard instrument sebelum melakukan eksplorasi di wilayah Patuha Utara yang bredampingan dengan wilayah PLTP Cibuni milik KKT. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kerjasama dan sinerja antara GeoDipa dan KKT untuk mendukung rencana proyek tersebut.

“Perlu juga untuk menlanjutkan sinergi yang telah dilakukan antara KKT dengan masyarakat, agar kondusifitas di wilayah dapat terjaga dengan baik. Melalui kerjasama ini juga membuktikan komitmen perusahaan dalam percepatan pemanfaatan energi panas bumi,” ujarnya.

Cek juga

Venue Olahraga Pertama Pengguna Layanan REC PLN, Kawasan GBK 100% Gunakan Energi Bersih

JAKARTA – PLN resmi hadirkan energi hijau di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini …