Sunday , March 3 2024

Green Solution dari PLN ICON Plus, Hadirkan Layanan PLTS Atap di TMII

JAKARTA – PLN ICON Plus, Subholding Beyond kWh dari PLN, berkomitmen untuk turut serta menyediakan solusi energi terbarukan atau Green Solution di Indonesia. Produk layanan yang disediakan oleh PLN ICON Plus diantaranya penyediaan layanan PLTS atap atau PV Rooftop seperti yang dibangun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Layanan dari PLN ICON Plus ini hadir sekaligus dalam rangka mendukung program Green Tourism dari Pemerintah

TMII kini hadir dengan wajah barunya, dimana salah satu pilarnya adalah Green Tourism. Peresmian wajah baru TMII telah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 1 September 2023 lalu. Direktur PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyampaikan bahwa PLN melalui PLN ICON Plus siap mendukung Green Tourism di Indonesia dengan Green Solution, diantaranya melalui layanan PLTS atap.

“Kami dari PLN Icon Plus turut serta dalam mendukung program Green Tourism di Indonesia, seperti di Taman Mini Indonesia Indah. Untuk tahap awal, kami telah memasang PLTS atap di atas gedung pengelola TMII dengan kapasitas 5500 Watt peak (Wp). Pemasangan ini merupakan pilot project yang dilakukan PLN Icon Plus dengan dukungan PLN holding untuk pariwisata di Indonesia” ujar Ari Rahmat.

“Kolaborasi antara PLN ICON Plus bersama Mitra dalam menyediakan layanan PLTS atap di TMII ini adalah wujud kongkret dari PLN Icon Plus sebagai bagian dari PLN Group dalam menghadirkan energi bersih di Indonesia, khususnya pada sektor pariwisata” lanjut Ari Rahmat.

Layanan PLTS atap ini dirancang untuk memberikan solusi energi terbarukan yang ramah lingkungan kepada masyarakat dengan memanfaatkan potensi energi matahari melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS Atap).

PLTS atap dengan kapasitas terpasang 5500 Watt peak ini, jika dioperasikan selama 25 tahun, maka akan dapat memproduksi energi bersih sebanyak 175000 kWh atau setara dengan pengurangan emisi sebanyak 175 ton CO2 atau setara juga dengan menanam sebanyak 4480 pohon.

Selain pemasangan PLN ICON Plus juga akan memberikan pemeliharaan dan monitoring secara berkala terhadap PLTS Atap yang telah dipasang di TMII. Hal ini bertujuan untuk memastikan kinerja dan keandalan sistem serta memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

PLN ICON Plus siap untuk bekerjasama dengan berbagai instansi dan pihak terkait untuk mengembangkan solusi energi terbarukan yang inovatif dan berkelanjutan guna mencapai tujuan bersama dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan pemanfaatan sumber energi yang bersih.

Cek juga

Lewat Carbon Trading, PLN Nusantara Power Gencarkan Upaya Pengurangan Emisi

JAKARTA – PLN Nusantara Power menjadi penyedia bursa karbon terbesar di Indonesia melalui hampir 1 …