Sunday , March 3 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Bersama Gubernur Jawa Timur Konvoi Molis hingga Tanam 20.000 Mangrove

Serentak di 8 lokasi Jawa Timur, PLN perbaiki kawasan pesisir melalui penanaman mangrove dan bersih pantai dari sampah

Surabaya – Peringati hari lingkungan hidup sedunia, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar konvoi motor listrik dan penanaman 20.000 mangrove di Gunung Anyar Surabaya bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Melalui kegiatan konvoi 100 kendaraan listrik, PLN mengkampanyekan gaya hidup serba elektrik untuk mengurasi emisi CO2 sekaligus sebagai upaya transisi energi.

Acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto, General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran, dan Anggota Dewan Energi Nasional Satya Widya Yudha.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto mengungkapkan kegiatan ini merupakan satu diantara banyak upaya PLN untuk mendukung program transisi energi menuju net zero emission pada 2060.

“Harapan kami tidak hanya menanam saja melainkan terus memelihara sehingga sustain dan mampu memberikan manfaat untuk lingkungan yang lebih baik lagi,” papar Adi.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran memaparkan kegiatan bertajuk employee volunteer program ini selain melibatkan 370 pegawai dan menggandeng stakeholder untuk mewujudkan kepedulian lingkungan bersama.

“Serentak hari ini di 8 lokasi yakni kawasan mangrove Gunung Anyar, Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Beach Forest Situbondo, Pantai Pancet Dor Pacitan, Pantai Kelapa Tuban, Pantai Kutang Lamongan, Sungai Kalitekung Cemandi, dan Pantai Kenjeran. Dilakukan penanaman 20.000 mangrove, sementara untuk wilayah lainnya melakukan bersih pantai alhamdulillah mampu mengurangi kurang lebih 1 ton sampah di pesisir pantai,” terang Lasiran.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut, PLN juga melepas 500 ekor burung untuk dikembalikan ke habitat lokal. Sehingga tujuan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan ialah perbaikan kawasan pesisir melalui berbagai upaya.

Mengapresiasi kegiatan PLN, Khofifah memberikan dukungan penuh atas upaya PLN terus menginisiasi transisi energi.

“Terima kasih komitmen PLN untuk mewujudukan lingkungan yang lebih baik di Jawa Timur. Tadi dipaparkan bahwa selain 20.000 ribu ini telah dilakukan penanaman di Lamongan dan Banyuwangi. Sedekah oksigen untuk lingkungan Jawa Timur agar tidak berhenti pada menanam melainkan terus dipelihara. Mari berkomitmen bersama, salam lestari,” kata Khofifah.

Ia menambahkan kegiatan hari ini merupakan sinergitas yang baik antara PLN dan Pemerintah Provinsi serta instansi terkait untuk mewujudkan transisi energi sukseskan Net Zero Emission 2060.

Cek juga

Kunjungi Booth PLN di IIMS 2024, Penggiat Otomotif Sebut Infrastruktur EV Kian Masif

JAKARTA – Gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung sejak 15-25 Februari di …