Saturday , July 20 2024

PLN Sulap Bekas Kantor di Jalan Braga, jadi “Icon Hub,” Tempat Nongkrongnya Milenial

BANDUNG – PT PLN (Persero) melalui Icon Hub mempersolek aset heritage milik PLN di Jalan Braga 15 Kota Bandung menjadi ruang komunal nan indah dan inovatif untuk pusat berbagai kegiatan. Dengan menggandeng start-up lokal dan Jabarano Coffee, Icon Hub sebagai bagian dari PLN Icon Plus ini berupaya memanfaatkan aset PLN menjadi lebih optimal untuk pengembangan bisnis Beyond kWh.

Kolaborasi ini ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat di Jabarano Coffee, Jalan Braga 15, Kota Bandung pada Minggu (29/10).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan langkah PLN mengoptimalkan aset heritage Jalan Braga 15 ini sebagai kawasan yang bernilai tinggi baik secara ekonomi maupun sosial. Apalagi menurut Darmawan, Braga memiliki daya tarik tersendiri dan kaya akan sejarah bagi bangsa Indonesia.

”Sebagai salah satu ikon di Kota Bandung, Braga memiliki daya tarik yang memikat dan kaya sejarah bangsa. Bangunan heritage ini sebelumnya belum terkelola dengan baik, untuk itu kami melalui PLN Icon Plus bekerja sama dengan start-up lokal dan Jabarano Coffee sehingga dapat diutilisasi menjadi pendapatan di luar kelistrikan atau Beyond kWh,” ujar Darmawan.

Menurut Darmawan, bangunan heritage milik PLN itu kini difungsikan menjadi ruang komunal bagi kegiatan masyarakat, khususnya generasi milenial. Kawasan ini telah disulap menjadi ruang yang nyaman serta mendorong peluang bisnis bagi masyarakat sekitar. Mulai dengan sajian produk kopi khas Jawa Barat, pusat pelatihan dan galeri seni, galeri Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), tempat pameran kendaraan listrik konversi PLN, hingga penginapan modern.

”Harapannya adalah ini akan menjadi suatu pusat kuliner pusat kegiatan yang asyik begitu bagi generasi milenial di sini, dan dalam proses itu aset aset dari PLN berhasil kita manfaatkan lebih baik. Icon Hub juga menyediakan ruang bagi para seniman Bandung untuk memamerkan karya-karya mereka baik itu lukisan, kerajinan, dan berbagai karya seni lainnya sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung,” lanjut Darmawan.

Darmawan mengatakan, utilisasi aset PLN di Braga sebagai destinasi baru ini merupakan proyek pertama PLN yang berhasil dikembangkan. Selanjutnya, PLN akan melanjutkan pemanfaatan aset-aset potensialnya di kota-kota lain di Indonesia.

“Bandung adalah langkah pertama kami, kami juga melihat potensi di banyak kota besar lainnya. Tentunya setiap kota di Indonesia memiliki karakter dan keunikannya masing-masing, jadi kami akan meneruskan keberhasilan ini di kota-kota lain di Indonesia,” ungkap Darmawan.

Selain diresmikan, Icon Hub ini juga merupakan titik akhir perjalanan touring Pakai Molis Jakarta – Bandung yang digelar PLN. Peserta touring motor listrik ini menjejali Icon Hub usai menuntaskan perjalanan 165 kilometer (Km).

Darmawan mengatakan, lewat agenda touring Jakarta – Bandung ini pihaknya ingin membuktikan bagaimana tangguhnya Motor Listrik (Molis) dikendarai. Pasalnya, rute Jakarta – Bandung bukanlah rute yang mudah.

“Alhamdulillah, semua bikers sampai di garis finish Icon Hub Bandung. Lewat touring ini kita membuktikan bahwa rute sulit Jakarta-Bandung yang banyak jalan tanjakan dan berkelok-kelok dapat dilalui oleh Molis dengan tangguh,” kata Darmawan.

Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi PLN yang telah menyulap aset heritage PLN di Braga 15 menjadi kawasan yang bernilai ekonomi tinggi. Dirinya pun berharap keberhasilan ini akan menjadi landasan kuat untuk melahirkan berbagai ide kreatif lain untuk Jawa Barat.

“Jadi selamat kepada PLN Icon Hub, kami sangat mendukung dan juga kita berharap akan hadir ide-ide kreatif dan terbaik untuk Jawa Barat,” ucap Bey.

Bey yang hadir menggunakan mobil listrik juga mengapresiasi upaya PLN mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat.

“PLN terus mengakselerasi hadirnya infrastruktur kendaraan listrik di Jawa Barat. Upaya ini tentu dapat membantu upaya pemerintah dalam menurunkan emisi karbon di Indonesia. Kami dari Pemerintah Provinsi siap mendukung PLN untuk terus menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat,” tambah Bey.

Senada dengan Bey, Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi langkah PLN yang berhasil mengutilisasi aset heritage menjadi lebih bernilai untuk berbagai kegiatan. Menurut Ridwan, ide untuk mengutilisasi aset heritage peninggalan Belanda ini sudah sangat dinantikan.

Karena itu, Ridwan berharap melalui utilisasi aset PLN ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong terciptanya lapangan kerja baru.

“Saya berdoa mudah-mudahan ini jadi contoh ya bangunan-bangunan kolonial heritage itu punya roh baru yaitu ekonomi zaman sekarang. Jadi istilahnya heritagenya dari masa lalu tapi ide-idenya lahir untuk masa depan dan bangunan terbaik adalah multifungsi,” tutup Ridwan.

Cek juga

Libur Idul Adha, SPKLU PLN Pastikan Siap Layani Pengguna Mobil Listrik

Jakarta – Masyarakat kini tidak perlu khawatir ketika bepergian dengan mobil listrik, PLN telah hadirkan …