Friday , June 21 2024

Ajang PGEA 2023, Pertagas Tegaskan Peran di Transisi Energi & Reduksi 11,02 % Emisi Karbon

Afiliasi PGN Subholding Gas, PT Pertamina Gas (“Pertagas”), sebagai perusahaan yang memiliki ekspertis dalam pembangunan, pengelolaan dan pengoperasian infrastruktur energi di Indonesia, Pertagas terus berkomitmen dalam menyalurkan energi yang handal ke berbagai industri strategis tanah air. Dengan mengelola dan mengoperasikan lebih dari 77 segmen & 3.339 kilometer pipa minyak dan gas bumi, menjadi kekuatan Pertagas dalam pemenuhan kebutuhan energi di seluruh Indonesia.

Eksistensi bisnis Pertagas turut didorong oleh kemampuan perusahaan dalam pengembangan bisnis dan insiatif secara berkelanjutan. Pertagas berhasil menyelesaikan Pipa Minyak Rokan, penyaluran gas melalui Pipa Transmisi Gresik – Semarang ke industri Jawa Tengah dan Jawa Timur, Pembangunan Pipa Gas Senipah – Balikpapan yang ditargetkan selesai pada Desember 2023 ini, serta penetrasi pipa bahan bakar minyak di Jawa Barat.

Selain itu, Pertagas ikut berupaya mengurangi ketergantungan pada bisnis pipa gas melalui pengembangan CNG & LNG retail di Jawa, inisiasi hydrogen, inisiasi bisnis infrastruktur Dimethyl Ether dan biogas, serta inisiasi infrastruktur gas bumi di Indonesia bagian Timur. Di masa transisi energi, inisiatif ini menjadi penting untuk semakin menggeliatkan utilisasi gas bumi dalam negeri.

“Sebagai Afiliasi Subholding Gas Pertamina, Pertagas juga terus berupaya dalam mendukung program pemerintah yaitu transisi energi melalui perluasan utilisasi gas bumi sebagai sumber energi yang lebih bersih dan ramah Lingkungan. Upaya ini ditujukan untuk mewujudkan tercapainya Net Zero Emission pada tahun 2060. Notifikasi mengenai bagaimana Pertagas dan Subholding Gas grup dalam melewati masa pandemi dan tetap bertahan bahkan meningkatkan kinerja, menjadi salah satu tolak ukur penjurian yang seharusnya menjadi cambuk untuk seluruh Perwira Subholding Gas melanjutkan tren positif ke depan,” ujar Direktur Utama Pertagas Gamal Imam Santoso, (15/12/2023).

Bentuk komitmen keberlanjutan turut dimplementasikan di bidang lingkungan, sehingga Perusahaan telah berhasil melakukan penurunan emisi karbon sebesar 17.135,72 TonCo2e atau 11,02% dari Proyeksi Emisi Business As Usual (BAU) di tahun 2022.

Dalam pelaksanaan kegiatan operasi dan keproyekan, Pertagas juga senantiasa mengedepankan aspek HSSE (Health, Safety, Security dan Environment). Sejak awal berdiri pada tahun 2007, tercatat Pertagas berhasil memperoleh jam kerja aman sebesar 98.405.916 jam kerja serta nihil kecelakaan kerja dan TRIR (Total Recordable Injury/ Incident Rate).

Komitmen ini yang kemudian menghantarkan Pertagas meraih penghargaan Platts Global Energy Awards (PGEA) 2023 kategori Energy Transistion – Midstream yang diselenggarakan oleh S&P Global Commodity Insight. Penghargaan diserahkan secara langsung kepada Direktur Utama Pertagas, Gamal Imam Santoso pada 7 Desember 2023 di Cipriani Wall Street, New York. Gamal mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas raihan penghargaan tingkat dunia yang diterima oleh Pertagas.

”Penghargaan ini mencerminkan konsistensi Pertagas selama lebih dari enam belas tahun menyalurkan energi bersih secara berkelanjutan, dengan tetap memberikan prioritas tertinggi pada aspek operational excellence. Dengan menjadi bagian dari keluarga besar Subholding Gas, kami berharap dapat memainkan peran nyata dalam pengelolaan infrastruktur gas bumi nasional,” lanjut Gamal.

Gamal menambahkan bahwa penghargaan ini juga diraih atas kontribusi seluruh Perwira Pertagas yang terus berinovasi dalam menjawab tantangan global serta konsisten dalam menjaga ketahanan energi nasional. “Semoga apresiasi ini menjadi batu pijakan agar Pertagas menjadi lebih baik lagi,” pungkas Gamal.

PT PGN Tbk selaku induk perusahaan Pertagas mengelola infrastruktur migas sepanjang lebih dari 30.000 km dengan total volume niaga gas bumi lebih dari 800 BBTUD. Kemudian untuk Pertagas memiliki 8 wilayah kerja di Indonesia meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Dari jumlah tersebut, 6 wilayah kerja menangani jaringan pipa gas bumi dan 2 wilayah kerja menangani jaringan pipa minyak bumi. Pertagas menjalankan sistem manajemen terintegrasi dan dilengkapi dengan sumber daya manusia yang kompeten serta pengalaman memadai.

Cek juga

Urgensi Pembangunan Infrastruktur Pipa Dumai- Sei Mangke (Dusem) Kunci Integrasi Pipa Gas dari Sumatera Ke Jawa

BANDUNG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur …