Sunday , June 23 2024

Dorong Kompetensi Pekerja, Elnusa Gelar Controller Academy

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa, IDX: ELSA), Perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total menggelar Controller Academy Sharing from The Leader pada (14/12) di Ruang Udaya, Graha Elnusa. Melalui Divisi Controller, Elnusa mengadakan program yang berawal dari sebuah terobosan untuk meningkatkan kompetensi keuangan bagi Perwira Elnusa di setiap level.

Acara ini menghadirkan Direktur Keuangan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Pertamina, Harry M. Zen sebagai pembicara yang memaparkan RKAP 2024 Subholding Upstream (SHU) Pertamina dan peluang-peluang yang dapat di raih oleh Elnusa. Turut Hadir Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja, Management Elnusa & Anak Perusahaan serta para Perwira Elnusa.

Program ini bermula dari sebuah kegiatan yaitu Rookie stars Academy yang memberikan pengenalan mengenai design thinking, analisa SWOT serta inisiatif untuk mengembangkan sebuah ide inovasi. Setelah sukses menyelenggarakan Rookie Star Academy pada 16 Agustus hingga 21 November 2023 lalu, program dilanjutkan pada level yang lebih tinggi yaitu Controller Academy.

Kegiatan ini memiliki tiga tahapan kelas, yaitu Fundamental Class yang memberikan pembekalan mengenai jejak Langkah Elnusa sebagai Perseroan, Product Knowledge, Penguatan pemahaman siklus kerja pada Divisi Controller. Kemudian Intermediate Class, mengakselerasi kemampuan leadership, problem solving dan dipastikan pada level senior analyst dan manager telah memiliki sertifikasi yang memadai. Selanjutnya Advance Class yang membentuk calon-calon pemimpin di Divisi Controller yang memiliki visi ke depan.

Dalam sambutannya, Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja menyampaikan, dalam Program Controller Academy, Manajemen menargetkan para perwira Elnusa untuk memperdalam pengetahuan terkait business process, risiko-risiko dalam pekerjaan Controller, serta ketentuan/peraturan yang harus dipenuhi. “Kompetensi di level senior ini sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas data dan informasi yang dihasilkan untuk pertimbangan pengambilan keputusan Manajemen dan Direksi Perusahaan,” ucap Bachtiar.

“Melalui program-program upskilling ini, diharapkan Elnusa akan memiliki SDM yang berkualitas tinggi yang juga dapat menjadi kontributor Pekerja Elnusa bagi Subholding Upstream, Regional, maupun Pertamina Group lainnya. Saya berharap agar program ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi inspirasi bagi fungsi-fungsi lain untuk meningkatkan kualitas SDM di areanya masing-masing.” Jelas Bachtiar.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream Pertamina, Harry M. Zen menyampaikan pujiannya untuk tagline program ini yaitu Controller Academy, keep learning keep growing untuk Elnusa yang lebih Maju. “Belajar dulu sambil bertumbuh, itu semboyan yang top. Ini adalah program dan acara yang bagus dan bisa diterapkan juga tidak hanya untuk Controller tetapi juga untuk semua fungsi keuangan di Subholding Upstream Pertamina,” kata Harry.

“Saya sharing program-program kerja Subholding Upstream Pertamina yang dapat dikerjakan oleh Elnusa. Team Controller Elnusa perlu paham akan hal ini, karena pekerjaan-pekerjaan ini margin keuntungannya relatif tinggi yang mana dapat membantu Elnusa meningkatkan profit marginnya,” tambah Harry.

Program Controller Academy juga menyiapkan beberapa kelas mengenai keuangan seperti Analisa Laporan Keuangan, Accounting for Inventory serta Accounting for Fixed Assets. Melalui Controller Academy ini seluruh Perwira Elnusa yang terlibat diharapkan mampu menyiapkan teamwork dengan kompetensi yang memadai dan menjawab segala tantangan ke depan yang lebih dinamis.

Cek juga

Urgensi Pembangunan Infrastruktur Pipa Dumai- Sei Mangke (Dusem) Kunci Integrasi Pipa Gas dari Sumatera Ke Jawa

BANDUNG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur …