Saturday , July 20 2024

Elnusa Sukses Instalasi Perangkat Teknologi Portable Well Test PGE di Karaha

Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Utama (SCU) yang bergerak dibidang bisnis manajemen data dan solusi ICT (Information, Communication, and Technology) turut melebarkan kiprahnya berkontribusi dalam proses digitalisasi energi baru terbarukan yang berkelanjutan. SCU sebagai mitra pelaksana berkontrak kerja dengan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE), sukses mengembangkan perangkat Portable Well Test yang kemudian oleh PGE diberikan nama Geoflowtest, yang digunakan untuk menguji kapasitas produksi sumur geothermal secara real time.

SCU dalam hal ini yang memiliki kapabilitas dan kompetensi ICT khususnya dibidang IoT (Internet of Things) kembali dipercaya oleh pihak PGE untuk melakukan deployment perangkat Geoflowtest di area PGE Area Karaha. Hal tersebut merupakan kelanjutan dari kesuksesan SCU yang sebelumnya telah berhasil melakukan deployment perangkat Geoflowtest di area PGE Area Ulubelu.

Perangkat Geoflowtest ditemukan oleh Mohamad Husni Mubarok, PhD (Production & Operation Excellence Manager PGE), selaku inisiator dan pengembang konsep perangkat tersebut. Instalasi perangkat tersebut didampingi oleh tim Operation Excellence PGE kantor pusat dan Operation PGE Area Karaha, serta stakeholder lainnya yang turut hadir untuk mendokumentasikan proses instalasi perangkat. Dilaksanakan pada hari Minggu (2/6) instalasi dinyatakan berhasil, perangkat Geoflowtest beroperasi dengan baik dan data hasil uji produksi dapat terkirim ke server secara real time dan dimonitor melalui dashboard yang telah disiapkan secara khusus.

Direktur SCU Adi Yatama Adi Guna, menyampaikan “Untuk kesekian kalinya SCU mendapatkan amanah sekaligus kesempatan untuk menjadi mitra andalan PGE dalam hal kompetensi bidang IoT, ini merupakan momentum yang penting buat SCU sebagai instrument penting dilingkungan Pertamina Group dalam proses digitalisasi pada transisi energi yang lebih ramah lingkungan di Indonesia” kata Adi.

Adi juga menyampaikan harapannya agar SCU mendapat potensi peluang bisnis yang semakin luas untuk berkontribusi dalam pengembangan bisnis di Pertamina Group khususnya untuk bidang layanan manajemen data dan solusi ICT.

Dengan kepercayaan yang diberikan oleh PGE, SCU akan terus berkomitmen untuk mendukung transformasi digital dalam sektor energi terbarukan. Kolaborasi ini akan semakin memperkuat posisi SCU sebagai penyedia solusi ICT yang handal dan inovatif di lingkungan Pertamina Group, serta mendorong terciptanya energi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

Cek juga

Eksplorasi Masif Pascaalih Kelola, PHR Temukan Sumber Migas Baru di Blok Rokan

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan terus melakukan kegiatan eksplorasi …