Sunday , March 3 2024

Elnusa Sukses Rampungkan Survei Seismik di Laut Papua Barat Daya

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa) melalui Divisi Upstream Services sukses menyelesaikan pekerjaan Survei Seismik Laut di perairan Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Survei seismik kali ini disebut sebagai Survei Seismik 3D South Walio Offshore di Wilayah Kerja yang dioperasikan oleh KKKS Petrogas (Island) Ltd. Survei seismik sendiri merupakan salah satu kompetensi andalan Elnusa sebagai tahapan eksplorasi sumber migas yang didasarkan pada pengukuran respon gelombang yang diarahkan ke dalam tanah untuk kemudian mengetahui data lapisan bawah tanah dan mendapatkan titik migas yang paling potensial.

Pada survei seismik kali ini Elnusa menggunakan alat penerima gelombang seismik jenis Ocean Bottom Nodes (OBN), yang seluruhnya merupakan aset milik Elnusa. Kick-Off Meeting yang berlangsung pada tanggal 6 Juli 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan penanda dimulainya pekerjaan survei seismik ini dan hanya dalam waktu 48 hari saja seluruh operasi survei selesai dikerjakan pada tanggal 22 Agustus 2023.

Dengan selesainya survei seismik ini, Elnusa berhasil mencatatkan lebih dari 300.000 jam kerja aman. Hal ini merupakan bukti komitmen seluruh pekerja Elnusa dalam penerapan aspek HSSE dengan tepat. “Kami ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas seluruh perlindungan-Nya kepada seluruh pekerja kami selama bekerja hingga akhirnya pekerjaan survei seismik ini selesai 100%. Kami harap semua kerja keras kami dapat memberikan kontribusi positif untuk penemuan cadangan Migas Nasional,” ujar Fahzul MH Siregar selaku Kepala Proyek dari Elnusa.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya oleh Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing‚ “Elnusa memiliki kemampuan integrated untuk setiap pekerjaan dari semua tahapan seismik, mulai dari akuisisi data, processing data, sampai analisa data lebih lanjut. Baik itu kegiatan seismik di onshore maupun offshore. Elnusa mengerjakan seluruh proses survei dengan landasan Operation Excellence melalui penerapan standar Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) sesuai standar yang berlaku,”

Charles menambahkan “Saya sangat mengapresiasi kinerja dari seluruh Perwira Elnusa yang terlibat pada proyek survei seismik 3D South Walio Offshore ini. Berikutnya ada beberapa prospek pekerjaan survei seismik laut di wilayah Indonesia lainnya yang akan dikerjakan oleh Elnusa di sisa tahun 2023 ini maupun menuju tahun 2024.“ Tutup Charles.

Cek juga

PGN dan Conrad Energy Jajaki Potensi Pasokan Gas Bumi Domestik dari Aceh

Jakarta – PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dan Conrad Energy Asia Ltd. menandatangani …