Tuesday , May 21 2024

RUPST Elnusa Tetapkan Pembagian Dividen Rp 201 miliar

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 pada 15 Mei 2024 di Jakarta. RUPST menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 201 miliar atau 40% dari perolehan laba bersih tahun buku 2023 (dividend payout ratio).

Pemegang saham akan mendapatkan dividen sebesar Rp 27,6 per lembar saham, angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 6,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp 25,9 per lembar saham. Adapun sisa penggunaan laba bersih setelah pembagian dividen akan digunakan untuk membiayai kebutuhan capital expenditure dalam menunjang pertumbuhan bisnis.

Dalam refleksi pencapaian tahun 2023, Corporate Secretary Elnusa, Frida Lidwina menyoroti peningkatan pendapatan perusahaan yang mencapai Rp 12,6 triliun. Selain itu, laba bersih Perseroan juga mencapai Rp 503 miliar, menandai peningkatan sebesar 33% Year on Year (YoY). “Pencapaian tersebut didorong oleh peningkatan di semua segmen bisnis perseroan, seiring dengan meningkatnya aktivitas hulu migas dan permintaan BBM industri maupun masyarakat,” ujar Frida.

Tahun 2023 merupakan tahun pengembangan serta penguatan Elnusa dalam perjalanan baru menuju keunggulan untuk mencapai pertumbuhan positif yang berkelanjutan. Capaian tersebut tercermin dari kinerja operasional maupun keuangan Elnusa melalui penguatan bisnis inti juga pengembangan bisnis yang mampu menopang keberlanjutan pertumbuhan usaha perseroan.

“Melalui langkah-langkah strategis di sisi internal maupun eksternal dari perjalanan baru Elnusa serta pengalokasian belanja modal yang tepat guna, perseroan mampu menavigasi perjalanan atas arah tujuan yang telah ditetapkan. Atas hal tersebut, perseroan menunjukkan daya saingnya yang pada akhirnya menciptakan nilai yang bukan hanya memberikan dampak positif bagi perseroan dan pemangku kepentingan namun juga untuk meningkatkan kontribusi pada pembangunan serta pengembangan bangsa yang berkelanjutan,” tutup Frida.

Adapun materi pembahasan dalam RUPST tahun buku 2023 antara lain, persetujuan laporan tahunan 2023 termasuk laporan pengawasan Dewan Komisaris dan pengesahan laporan keuangan perseroan yang berakhir pada 31 desember 2023, penetapan penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2023, penetapan tantiem tahun 2022 dan remunerasi tahun 2023 bagi anggota direksi dan dewan komisaris, penunjukan akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan tahunan perseroan tahun buku 2023, dan persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan.

Elnusa mengucapkan terima kasih kepada anggota Dewan Komisaris atas dedikasi dan kontribusinya selama mengemban amanah di Perusahaan. Sehingga efektif setelah ditutupnya RUPST tahun buku 2023, susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS
Komisaris Utama & Independen: Eko Ariantoro
Komisaris: Nur Endro Buwono
Komisaris Independen: Denie S. Tampubolon
Komisaris: Ariana Soemanto

DIREKSI
Direktur Utama: Bachtiar Soeria Atmadja
Direktur Keuangan: Stanley Iriawan
Direktur Operasi: Endro Hartanto
Direktur Pengembangan Usaha: Arief Prasetyo Handoyo
Direktur SDM & Umum: Hera Handayani

Cek juga

SKK Migas Sebut Illegal Drilling Mengganggu Operasional Hulu Migas

Jakarta – Dalam rangka mencapai target yang telah ditetapkan, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha …