Sunday , March 3 2024

100 Relawan Bakti BUMN Batch IV, Jalankan Program Sosial Kemasyarakatan Serentak di 10 Lokasi di Indonesia

JAKARTA – Kementerian BUMN mengadakan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV untuk meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN. Program ini serentak dilaksanakan pada 15 – 17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi yaitu Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok-NTB, Namlea-Maluku dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yg merupakan karyawan dari 54 BUMN.
Lokasi yang menjadi target pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini telah terlebih dahulu disurvei yang selanjutnya dilakukan social mapping dan analisis atas isu-isu utama yang
menjadi perhatian di masyarakat yang diselaraskan dengan Fokus Prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN yang ditetapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan oleh para Relawan Bakti BUMN dalam berbagai bidang diantaranya pendidikan yaitu perbaikan sekolah dan mengajar kepada anak SD hingga SMA/SMK, di bidang lingkungan berupa penanaman berbagai jenis pohon dan sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan maupun pengolahan sampah yang baik, serta bidang pengembangan UMK berupa perbaikan kapal nelayan hingga pelatihan kepada para UMK di masing-masing lokasi kerelawanan.

Puncak acara Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini berupa pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 (17/08/2023) di masing-masing lokasi. Selama kegiatan di 10 lokasi tersebut, seluruh Relawan tinggal dan menyatu di rumah warga setempat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para Relawan dapat berinteraksi dan bersosialisasi bersama masyarakat sekitar, sehingga dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat terkait isu sosial yang
relevan dan memberikan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan pesannya terkait Relawan Bakti BUMN, “Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya dilingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat dimanapun mereka berada, sehingga Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan bumn kepada masyarakat.”

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Tedi Bharata juga menambahkan, “Kegiatan Bakti BUMN
ini juga dapat memberikan dampak baik kepada perusahaan berupa peningkatan engagement karyawan kepada perusahaan sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan.”

Para Relawan diharapkan agar terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat baik saat pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing, dan terus menularkan semangat tersebut ke rekan-rekan Insan BUMN yang lain.

Partisipasi Insan BUMN yang mendaftar program ini sebanyak 8.096 orang. Berdasarkan hasil seleksi yang ketat, didapatkan 100 orang Relawan yang meiliki motivasi yang kuat untuk berkontribusi danberbakti bagi masyarakat. Selain 100 orang Relawan, ada 10 orang Direksi Milenial dari BUMN yang juga terlibat dan berkontribusi dalam Program terseebut.

Cek juga

Raih TOP Digital PR Award 2024, Bukti GeoDipa Berhasil Hadapi Tantangan di Era Digital

JAKARTA – PT Geo Dipa Energi (Persero) berhasil meraih penghargaan Indonesia TOP Digital Public Relation …