Saturday , July 20 2024

Langkah Menuju Net Zero Emission, Elnusa Hijaukan Area Operasi di Tembilahan

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, kembali melanjutkan langkah menuju net zero emission (NZE) pada tahun 2060 melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Green Action melalui aksi Penanaman 100 Pohon Trembesi di Fuel Terminal Tembilahan pada rabu (26/06). Fuel Terminal Tembilahan merupakan business operation anak perusahaan Elnusa yakni PT Elnusa Petrofin yang baru mulai beroperasi pada 2023. Green Action dilakukan dengan melakukan penanaman 100 Bibit Pohon Trembesi, dan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Kick Off penanaman 1000 Pohon Trembesi pada 2023 lalu.

Agenda penanaman kali ini menjadi rangkaian di tengah kegiatan Management Walk Through (MWT) dan juga sebagai rangkaian HUT 55 tahun Elnusa. MWT ini dijalankan untuk memastikan Operation Excellence di Elnusa Group berjalan optimal. Acara ini turut dihadiri jajaran Direksi dan Manajemen dari Elnusa dan Elnusa Petrofin. Selain itu turut hadir Kepala Desa Sungai Gantang, Dhedek Kusnardianto, serta tokoh masyarakat di area Ring 1 Fuel Terminal Tembilahan, Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Direktur Utama Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim dan perbaikan kualitas lingkungan dengan memperbanyak area hijau. “Dengan aksi penanaman pohon trembesi kita berharap dapat mendukung upaya dekarbonisasi dalam mengantisipasi perubahan iklim yang saat ini terjadi sekaligus mendukung program Net Zero Emission tahun 2060,” kata Bachtiar.

Bachtiar menjelaskan agenda ini menjadi wujud komitmen perusahaan dalam menjaga bumi dengan memastikan penerapan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dan kontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin 13 yakni Penanganan Perubahan Iklim.

“Semoga langkah perusahaan melalui program ini dapat meningkatkan pemahaman dan terus dapat ditingkatkan kepada seluruh Perwira Elnusa dan Masyarakat agar tidak berhenti menjadi sebuah simbolisasi saja, namun sekaligus membangun kesadaran mengenai lingkungan dalam pentingnya bergotong royong atas pelaksanaan program pembangunan hijau lingkungan untuk masa depan,” tambah Bachtiar.

Kegiatan penanaman pohon ini juga menjadi bentuk sinergi antar Elnusa Group, khususnya antara PT Elnusa Tbk sebagai holding company dari PT Elnusa Petrofin. Doni Indrawan, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin juga menyampaikan harapannya terkait kegiatan CSR kali ini. “Elnusa Petrofin ingin menjadikan momen ini untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan seluruh Perwira dan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Ring 1 Unit Operasi. Mulai dari menciptakan lingkungan hijau demi menekan angka Net Zero Emission dan menjaga pola hidup sehat untuk menciptakan generasi yang bersih untuk masa depan,” ujar Doni Indrawan.

Selain melakukan penanaman pohon, Elnusa Group juga memberikan bantuan pembangunan sumur bor untuk sanitasi air bersih di SDN 002 Sungai Gantang yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama Elnusa kepada kepala sekolah SDN 002 sungai gantang, Mohammad Arifin.

Kepala Desa Sungai Gantang Dhedek Kusnardianto, menyampaikan apresiasinya kepada pihak Elnusa Group atas partisipasinya dalam kegiatan penanaman pohon ini. “Saya berterima kasih kepada segenap direksi dan manajemen Elnusa yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon hari ini dan bantuan sarana air bersih bagi Sekolah SDN 002 Sungai Gantang yang berada di wilayah kami. Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus dilakukan, dalam membantu memberikan pelayanan terbaik dan dampak positif bagi Masyarakat kami,” tutup Dhedek.

Dengan dilakukannya kegiatan ini semoga Elnusa dapat memberikan kebermanfaatan sebagai penggerak energi di wilayah tembilahan indragiri hilir dan sekitarnya.

Cek juga

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Siap Gelar Electricity CONNECT 2024

Ketua Panitia Pelaksana Electricity CONNECT 2024 sekaligus Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Arsyadany G. …