Friday , June 21 2024

Capai Kinerja Beyond Excellence Bidang Lingkungan, Pertagas Raih Dua Predikat Emas di Ajang PROPER 2023

JAKARTA – PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina (PGN) berhasil meraih dua penghargaan Emas dan Green Leadership pada ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pertagas mendapatkan penghargaan tersebut sebagai pencapaian dari kinerja beyond excellence di bidang Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial.

Penghargaan PROPER Emas diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama PGN, Arief Setiawan Handoko di Jakarta pada Rabu (20/12).

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin menyampaikan “Program PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk mengambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan dan menjadi kompas yang mampu memandu praktek bisnis dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau”.

Atas komitmen menjalankan bisnis yang berkelanjutan, penghargaan PROPER Emas diraih oleh unit usaha Pertagas yakni Operation West Java Area (OWJA) melalui Inovasi sosial Perisai Jaga Bumi yang diimplementasikan di Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan Operation Kalimantan Area (OKA) melalui program inovasi sosial Petani Naik Kelas yang diimplementasikan di Desa Martadinata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Program Inovasi sosial yang dihadirkan pertagas OWJA mampu menjawab persoalan abrasi pantai dengan teknologi geotube serta mengatasi persoalan sampah laut yang dapat diolah kembali sebagai bahan geotube penahan abrasi Pantai dan berdampak kepada pelestarian budaya serta pemberdayaaan buruh migran dalam sektor ekonomi. Sedangkan Pertagas OKA menghadirkan inovasi sosial Petani Naik Kelas yang menciptakan ekosistem pertanian yang mampu menopang keberlangsungan hutan. Program Petani Naik Kelas merupakan kesuksesan dalam replikasi teknologi pertanian di tanah gambut dan tanah podsolik.

Muhammad Baron, Corporate Secretary Pertagas menyampaikan rasa syukur atas seluruh penghargaan PROPER yang diterima Pertagas. Penghargaan ini memberikan motivasi dan semangat untuk menjadi lebih baik lagi pada tahun berikutnya.

“Keberhasilan yang diraih oleh Pertagas merupakan kolaborasi dan sinergi antara perusahaan dengan mitra binaan, masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah. Pertagas berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi-inovasi baru serta solusi yang mampu mendorong perubahan dan kesejahteraan bagi Masyarakat dan berdampak kepada lingkungan,” ujar Baron.

Selain PROPER Emas, Pertagas juga berhasil meraih 2 penghargaan PROPER Hijau melalui Operation East Java Area (OEJA) dan Operation South Sumatera Area (OSSA) serta Green Leadership yang diraih oleh General Manager Operation Hendra TP Nasution. Pencapaian tersebut merupakan apresiasi atas kinerja pengelolaan lingkungan yang dilaksanakan Pertagas.

Pertagas saat ini mengelola dan mengoperasikan lebih dari 77 segmen & 3.339 kilometer pipa minyak dan gas bumi, untuk pemenuhan kebutuhan energi di seluruh Indonesia.

Dalam menjalankan operasional perusahaan, Pertagas berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat yang mengedepankan Environment, Social and Governance (ESG). Hal ini sejalan dengan upaya kontribusi perusahaan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nasional atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu Pertagas juga terus berkomitmen dalam menyalurkan energi yang handal ke berbagai industri strategis di tanah air serta terus berupaya dalam mendukung program pemerintah yaitu transisi energi melalui perluasan utilisasi gas bumi sebagai sumber energi yang lebih bersih dan ramah Lingkungan, untuk mewujudkan tercapainya Net Zero Emission pada tahun 2060.

Cek juga

Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

Jakarta – PT PLN (Persero) bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali melaksanakan program tahunan …