Sunday , April 21 2024

Sejahterakan Masyarakat Pesisir Cilacap, PLN Energi Primer Indonesia Inisiasi Kawasan Ekowisata Mangrove

JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) bersama PT PLN Indonesia Power (PLN IP) menjalin sinergi dalam mendorong Kawasan Ekowisata Mangrove di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Sinergi ini ditandai dengan Acara Penanaman Perdana 5.000 Pohon Cemara Laut dan Kajian Sosial Kawasan Pencanangan Program Pemberdayaan Ekowisata Mangrove di Desa Bunton pada Kamis, 7 Maret 2023.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam tempat terpisah mengungkapkan, peran PLN EPI tidak terbatas pada penyediaan energi primer untuk kebutuhan pembangkit saja namun juga berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan dan mendorong kesejahteraan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Kami melakukan program pelestarian lingkungan melalui penananaman 5000 ribu Pohon Cemara laut, yang bertujuan untuk mencegah abrasi pantai, mengurangi dampak pemanasan global dan yang lebih penting lagi dapat mereduksi atau mengurangi zat pencemar udara dan emisi karbon,” kata Iwan.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan menambahkan, lokasi program yang merupakan kawasan pantai menjadi tantangan tersendiri bagi suksesnya program ini. Untuk itu PLN EPI bersama PLN IP dan stakeholder lain terkait mendorong program kajian sosial yang komprehensif yang diharapkan dapat memetakan lebih jauh terkait profil sosial ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan adanya program ini kedepannya diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat di kawasan ekosistem Pantai Bunton Adipala. Program ini juga sebagai upaya untuk menyerap karbon dioksida (CO2). Proses penyerapan CO2 melalui proses fotosintesis ini, membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, memperlambat pemanasan global dan mencegah terjadinya abrasi pantai,” imbuh Mamit

Sementara Senior Manager PT Indonesia Power UBP Jateng 2 Adipala I Wayan Arimbawa mengatakan, upaya pelestarian lingkungan sejalan dengan komitmen Environment, Social & Governance (ESG) PLN Group.

“Sesuai dengan misi kami menciptakan atau memberikan solusi energi yang handal efisien dan ramah lingkungan. Penanaman mangrove ini adalah suatu upaya dalam menjaga lingkungan dimana ekosistem pantai sangat penting tidak hanya mendukung sumber daya lokal tetapi juga memberikan daya tahan lingkungan masa depan,” ujar Wayan.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito mengatakan, ekosistem mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan fauna dan flora sekitar. Upaya melestarikan lingkungan ini dinilai tidak bisa dijalankan sendiri dan memerlukan sinergi seluruh stakeholder.

“Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan seperti yang dilaksanakan oleh PLN EPI inilah yang diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap,” kata Sujito saat membacakan sambutan Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri.

Sujito melanjutkan, dengan semakin terjaganya ekosistem mangrove di Pantai Bunton, diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta mendorong penambahan pendapatan dari sektor pariwisata.

Cek juga

Safari Ramadan, PLN dan BNI Hadirkan 1.500 Paket Sembako Murah untuk Ojol

JAKARTA – PT PLN (Persero) menyediakan 1.500 paket sembako harga murah untuk pengemudi ojek online …