Friday , June 21 2024

Usung Inovasi CSR dan ESG, PLN EPI Raih 2 Penghargaan Pada TOP CSR Awards 2024

JAKARTA – Sub Holding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berhasil meraih dua penghargaan bergengsi di ajang TOP CSR Awards 2024. Dalam acara yang diadakan di Hotel Raffles pada Kamis (29/5) tersebut PLN EPI meraih TOP CSR Awards 2024 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2024 untuk Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI, Mamit Setiawan mengungkapkan, keberhasilan ini terasa istimewa karena pada tahun 2023 PLN EPI meraih predikat #Star 4 dan tahun ini naik ke #Star 5. Pencapaian naik ke Predikat #Star 5 tentu tidak mudah mengingat PLN EPI merupakan Subholding PLN yang baru berusia 1 tahun.

Penghargaan ini akan semakin mendorong PLN EPI untuk menjadi Perusahaan terbaik dalam penyediaan energi primer untuk pembangkit listrik Indonesia sekaligus berkomitmen untuk terus memperkuat inovasi CSR dan ESG (Environment, Social, and Governance) demi bisnis keberlanjutan.

Desa Berdaya Energi di Gunung Kidul menjadi Program Unggulan CSR CSV (Creating Share Value) PLN EPI yang dibangun dengan konsep pemberdayaan dengan mengintegrasikan pilar lingkungan, pengembangan UMK, sosial budaya, dan kesehatan masyarakat. Berawal dari kebutuhan warga yang membutuhkan pakan ternak di musim kemarau dan Perusahaan akan biomassa. PLN EPI bekerjasama dengan Pemda DIY, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat melaksanakan penanaman tanaman multifugsi di Sultan Ground dan Tanah Kas Desa di Kalurahan Gombang dan Karang Asem Gunung Kidul. Hasilnya daun tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, sementara rantingnya bisa untuk Cofiring Biomassa PLN dan warga juga bisa mendapatkan tambahkan penghasilan. Selain itu PLN EPI juga mengintegrasikan dengan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat berupa pelatihan pakan ternak fermentasi, pelatihan pembuatan pupuk organik, pembuatan rumah bibit tanaman multifungsi, budidaya kambing perah dan bantuan kesehatan untuk pencegahan stunting.

“PLN EPI terus bergerak maju dan berkembang tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat serta lingkungan melainkan tetap harus selaras dengan SDGs dan strategi bisnis PLN EPI demi tercapainya target-target bisnis Perusahaan untuk terus tumbuh secara berkelanjutan”, pungkas Mamit.

Ajang TOP CSR Awards 2024 bukan hanya sekedar kegiatan yang memberikan penilaian dan pemberian penghargaan melainkan kegiatan yang mengandung banyak proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan keefektivitasan CSR di suatu Perusahaan.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani, MM., MBA mengatakan bahwa tema pada kegiatan TOP CSR Awards 2024 adalah CSR dan ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth, yaitu Inovasi-inovasi program CSR dan ESG yang mendukung tumbuhnya suatu bisnis Perusahaan secara berkelanjutan. Tema ini bertujuan mendorong Perusahaan untuk terus mengimplementasikan ESG dan CSR yang mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG.

“Jika tanggung jawab Perusahaan tetap berjalan dan menerapkan ESG, maka masalah sosial ekonomi di Indonesia dapat teratasi dengan baik sehingga bisnis yang tumbuh akan bersinambungan, peduli sosial, dan memiliki tata kelola yang baik ”, kata Lutfi.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang diwakili oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro menjelaskan ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh semua Perusahaan di Indonesia, yaitu pentingnya Perusahaan di Indonesia turut serta dalam menjaga lingkungan dan tidak merusak lingkungan melalui operasi bisnis Perusahaan serta tetap menggunakan sumber daya energi yang ramah lingkungan; Perusahaan berkomitmen untuk terus menerapkan ESG dalam mendukung pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan; dan pembangunan nasional serta stimulasi ekonomi untuk mengurangi emisi GRK dengan bertransformasi ekonomi lingkungan yang diwujudkan melalui pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Cek juga

Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

Jakarta – PT PLN (Persero) bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali melaksanakan program tahunan …