Sunday , May 19 2024

Kunjungi PLN, Mahasiswa UII Takjub Pada Transformasi Digital PLN

JAKARTA – Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sangat takjub pada transformasi digital yang telah dilakukan oleh PLN. Mereka mengatakan bahwa PLN berhasil memudahkan pelanggan melalui berbagi program dan produk digital. Hal ini disampaikan saat dmelaksanakan kunjungan ke PLN Unit Distribusi Jakarta Raya, Rabu (15/11/2023).

PLN Mobile mendapat testimoni positif dari para mahasiswa karena mempunyai manfaat besar dalam pelayanan kelistrikan. Hanya dalam satu genggaman, masyarakat bisa mendapatkan akses kelistrikan dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Dalam kunjungan kali ini sebanyak 40 mahasiswa juga diajak berkunjung ke Distribution Control Center (DCC). Julius Perdi Situmorang selaku Manager Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Jakarta menjelaskan tentang pengoperasian DCC di PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya yang merupakan sistem terpusat untuk memonitor distribusi listrik secara real time. Melalui teknologi berbasis digital, PLN bisa melakukan remote terhadap suplai listrik di gardu – gardu langsung dari DCC.

“Distribution Control Center memiliki peranan penting untuk pelayanan optimal kepada pelanggan. Melalui sistem digitalisasi inilah PLN dapat mempercepat pemulihan gangguan sehingga PLN dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Julius.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran mengatakan dengan layanan Distribution Control Center ini, monitoring sistem kelistrikan dapat dipantau secara digital dari ruang DCC. PLN dapat mengakselerasi kecepatan pemulihan gangguan distribusi listrik.

“Alhamdulillah, ini salah satu pengalaman berharga bagi kami, selain kami diberikan kesempatan office tour, kami juga mendapatkan ilmu tentang pekerjaan di Perusahaan Listrik Negara,”ujar Alya salah satu mahasiswi.

Narayana Mahendra selaku dosen pendamping juga menyampaikan apresiasinya atas penerimaan PLN yang sangat baik.

“Semoga ini menjadi pengalaman baik sekaligus bermanfaat untuk teman-teman, serta besar keinginan mahasiswa bisa bergabung menjadi keluarga besar PLN setelah nanti lulus,” ungkapnya.

Lasiran selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya turut menyemangati para mahasiswa yang berkunjung.

“PLN tentu membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin datang dan belajar di sini, dan semoga setelah kegiatan ini, mahasiswa dapat menambah skill baru serta mampu menyerap ilmu yang disampikan oleh pemateri dari PLN,” pungkasnya.

Ia pun menyarankan agar mahasiswa dapat meluangkan waktu untuk belajar dan menambah skill sebelum nantinya terjun di dunia kerja yang penuh dengan persaingan.

Selain ke DCC, mahasiswa juga melakukan kunjungan ke Contact Center 123 dan melihat langsung pengisian kendaraan listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Cek juga

PLN Sukses Realisasikan PMN, Nyalakan 24 Jam Listrik di Wilayah 3T Riau

Pekanbaru – Sebanyak 274 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Cimpur, Dusun IV Pauh Ranap dan …