Sunday , June 23 2024

Gencar Tingkatkan Kualitas Layanan Kearsipan, Elnusa Raih Akreditasi AA Kearsipan

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa), melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Utama (SCU) yang bergerak dibidang manajemen data dan layanan ICT (Information, Communication, & Technology) mendapatkan akreditasi AA (istimewa) yang diserahkan secara simbolis oleh PLT Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto. Penyerahan sertifikat akreditasi kearsipan tersebut dilaksanakan secara hybrid di Hotel Gran Melia pada (15/12), Jakarta.

Pada tahun 2018, SCU mendapatkan akreditasi A kearsipan dari ANRI dan menjadi satu-satunya perusahaan penyedia jasa kearsipan yang mendapatkan akreditasi A. Kemudian di penghujung tahun 2023, SCU kembali berhasil meningkatkan mutu layanan kearsipan dengan meraih predikat AA (istimewa), hal ini membuktikan bahwa SCU secara berkesinambungan melakukan peningkatan kualitas layanan kearsipan. ANRI sebagai lembaga pemerintah non kementrian yang berwenang mengeluarkan sertifikasi kualitas kearsipan dalam proses penilaian dan pengawasan terhadap lembaga penyelenggara kearsipan seperti halnya SCU, senantiasa menerapkan metodologi dan strategi yang dinamis menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

PLT Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi akreditasi kearsipan dan penilaian hasil pengawasan kearsipan tahun 2023 ini berkaitan dengan upaya pemerintah dalam penjaminan mutu penyelenggara kearsipan dari sisi pembinaan hingga pengawasan termasuk di dalamnya sertifikasi dan akreditasi. Hasil akreditasi digunakan sebagai tolok ukur untuk melihat kualitas kinerja lembaga penyelenggara kearsipan yang sifatnya partisipatif atau mandatory.
SCU sebagai lembaga penyedian layanan warehouse dan manajemen data berupa layanan storage seperti tape storage, document storage, core storage, general asset storage, hingga layanan data transcription. Untuk itu agar upaya menjaga layanan kearsipan pada standar terbaiknya, maka langkah utamanya adalah menerapkan standar aturan warehouse dan manajemen data serta memperoleh sertifikasi standar pengelolaan arsip, salah satunya dari ANRI.

Adi Yatama Adi Guna selaku Direktur SCU menyampaikan, “SCU sebagai lembaga non pemerintah penyedia jasa kearsipan bidang penyimpanan arsip yang mendapat kualifikasi AA dari ANRI. Pencapaian tersebut sangat luar biasa mengingat dampaknya akan sangat positif terhadap kompetensi bisnis warehouse dan manajemen data di SCU, untuk saat ini maupun masa mendatang. Hal ini sekaligus menjadi indikator utama dalam mewujudkan visi SCU sebagai market leader dalam jasa kearsipan dan manajemen data,” kata Adi.

Adi menambahkan, “kualifikasi kearsipan yang diberikan ANRI dengan akreditasi AA menjadikan SCU semakin yakin untuk terus berkompetisi memberikan standar layanan terbaik kearsipan & data manajemen pada seluruh stakeholder dan sekaligus dapat menjadi role model lembaga penyedia jasa kearsipan khususnya dibidang industri minyak dan gas,” tutup Adi.

Cek juga

Urgensi Pembangunan Infrastruktur Pipa Dumai- Sei Mangke (Dusem) Kunci Integrasi Pipa Gas dari Sumatera Ke Jawa

BANDUNG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur …