Sunday , June 23 2024

Komitmen Budayakan Anti Korupsi, PHE Raih Penghargaan

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina membuktikan komitmennya sebagai perusahaan yang giat menanamkan budaya anti Korupsi bagi seluruh Perwira dan Pertiwi di lingkungan kerja melalui apresiasi dari berbagai pihak. Kali ini apresiasi diberikan oleh PT Pertamina (Persero) selaku holding, melalui Priority Award dalam kegiatan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023, di Grha Pertamina, Rabu (22/11).

Dalam kegiatan peringatan Hakordia 2023 dengan mengusung tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju” ini, turut hadir Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Erry Widiastono, serta Direktur Strategi,Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina, A. Salyadi Dariah Saputra.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan Hakordia tahun 2023 sekaligus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anti korupsi seluruh perwira Pertamina, serta menjaga budaya anti korupsi di lingkungan Pertamina Grup.

PHE pun turut berperan aktif dalam rangka mewujudkan budaya anti korupsi di perusahaan. Berbagai upaya untuk menekan tindak pidana korupsi telah dilakukan, diantaranya melalui E-Procurement, Whistle Blowing System (WBS), pelaporan LHKPN dan sosialisasi anti korupsi kepada seluruh perwira PHE.

Komisaris PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, mengapresiasi kegiatan ini sekaligus menyampaikan bahwa tidak ada excuses, bagi Perwira Pertamina jika terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

“Saya selalu percaya reputasi, nama baik, adalah segala-galanya. Itu akan menyelamatkan Anda. Saya adalah orang yang percaya masa depan orang yang punya etos kerja tinggi yang punya integritas itu pasti masa depannya cerah. Harapan kita di Pertamina, tidak ada alasan Perwira melakukan korupsi. Harus berani mengatakan bahwa insan Pertamina memang bersih,” ujarnya.

Di penghujung kegiatan, dilakukan pengumuman Priority Award yang bertujuan mengetahui implementasi pencegahan dan pengendalian gratifikasi di lingkungan Pertamina Grup.

Dalam sesi apresiasi kali ini, PHE berhasil mendapatkan penghargaan Priority Award dalam “Pertamina Promoting Anti-Bribery Award” kategori “Innovation of Bribery Prevention Program”. Diberikan oleh Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Erry Widiastono, diterima langsung oleh Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita.

Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita, menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan yang didapatkan, sekaligus mengapresiasi seluruh Perwira-Pertiwi PHE yang terus berupaya menerapkan budaya anti Korupsi dalam perilaku sehari-hari.

“Kami sangat bangga menerima Apresiasi ini, seluruh entitas sangat mendukung dan sangat mengedepankan upaya-upaya untuk melakukan Bribery Prevention melalui inovasi yang dilakukan. Hal ini sudah kami terapkan tidak hanya kepada para pekerja tapi juga kepada para mitra kerja,” ungkap Arya.

PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai member sejak Juni 2022. PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. Mendukung aspek Governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandard ISO 37001:2016.

PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.

Cek juga

Urgensi Pembangunan Infrastruktur Pipa Dumai- Sei Mangke (Dusem) Kunci Integrasi Pipa Gas dari Sumatera Ke Jawa

BANDUNG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur …