Sunday , June 23 2024

Keren! Punya Bengkel Sendiri, Konversi Motor Listrik Jadi Pelajaran Intrakurikuler di SMKN 55 Jakarta

Jakarta – Berawal dari program PLN Peduli tahun 2022 untuk mengkonversi 5 motor BBM menjadi listrik, kini SMK Negeri 55 Jakarta menjadikan konversi motor listrik sebagai pelajaran intrakurikuler sekali seminggu yang wajib diikuti oleh semua siswa di Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor. Peralatan pendukung konversi juga telah dimiliki SMKN 55 Jakarta sehingga semakin memudahkan siswa belajar di bengkel sekolah.

Djamilah, Kepala SMKN 55 Jakarta mengatakan bahwa antusiasme siswa untuk mempelajari konversi motor listrik ini sangat tinggi. Oleh karena itu pihaknya menjadikan konversi motor listrik menjadi pelajaran intrakurikuler dan akan disusulkan masuk ke dalam kurikulum di tahun depan.

“Alhamdulillah tahun lalu kita diberi tantangan untuk konversi 5 motor oleh PLN dan peralatannya juga masih ada sehingga bengkel pembelajarannya siap, ditambah lagi siswa ini sangat semangat untuk belajar konversi motor listrik, maka kami menjadikan konversi motor listrik ini sebagai pelajaran intrakurikuler wajib,” jelas Djamilah.

ELVIS atau Electric Vehicle Conversion adalah nama yang diberikan untuk motor konversi dari program PLN Peduli. Saat ini sudah ada 5 motor ELVIS karya SMKN 55 Jakarta sebagai bentuk kepedulian PLN memberikan ruang kepada siswa SMK belajar ilmu konversi dan langsung mempraktekannya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyatakan bahwa PLN sangat mendukung transisi energi, dalam hal ini kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik. Melalui PLN Peduli di bidang pendidikan, PLN UID Jakarta Raya merangkul generasi muda untuk turut berperan aktif dalam transisi energi yang bisa mendukung terwujudnya Net Zero Emission 2060.

“Saya sangat bangga ternyata generasi muda ini punya semangat tinggi untuk sama-sama peduli terhadap transisi energi, guru-guru dan semua pihak di sekolah juga berkeinginan dan punya semangat yang sama,” tambah Doddy.

Tahun 2023 ini, program PLN Peduli dari PLN UID Jakarta Raya di bidang pendidikan yaitu memberikan challenge kepada 2 SMK untuk melakukan konversi mobil dari BBM ke listrik.

“ELVIS chapter 2 tahun 2023 akan lebih menantang lagi, kita berikan kesempatan untuk siswa SMK mengkonversi mobil, kita nantikan hasilnya seperti apa,” ucap Doddy semangat.

Cek juga

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pasokan Listrik Jakarta Surplus

Jakarta – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, pasokan listrik di Provinsi Daerah Khusus Ibukota …